Ford Gulung Tikar, Berhenti Beroperasi di Indonesia

Selasa, 26 Januari 2016 09:30
Ford Gulung Tikar, Berhenti Beroperasi di IndonesiaFord berhenti beroperasi di Indonesia @kompas.com

PT Ford Motor Indonesia (FMI) resmi mengundurkan diri dari pasar Indonesia mulai paruh kedua tahun ini. Kabar mengejutkan itu disampaikan melalui situs resminya, ford.co.id, Senin (25/1).

Pihak Ford mengatakan penutupan itu merupakan keputusan sulit. Meski demikian, Ford masih memberikan layanan penjualan, servis, dan garansi sampai beberapa waktu ke depan di tahun ini.

Menurut juru bicara Ford Asia Pasifik, menjelaskan dua alasan utama di balik penghentian operasi ini. Dua faktor tersebut adalah, minimnya penjualan dan tak adanya pabrik perakitan.

"Di Indonesia, tanpa manufaktur lokal .. tidak ada jalan sama sekali pabrikan dapat bersaing di pasar itu, dan kami tidak memiliki manufaktur lokal," ujar juru bicara Ford Asia Pasifik yang berbasis di Shanghai, Tiongkok, dilansir dari Reuters.

Sepanjang tahun 2015, Ford Indonesia mencatat penjualan 4.986 unit. Beberapa unit yang mereka luncurkan diantaranya, Fiesta, EcoSport, Escape, Everest, dan Focus. Dari model tersebut, EcoSport berkontribusi paling besar dengan 2.713 unit.

Namun, jumlah tersebut menurun lebih dari 50 persen dibandingkan tahun 2014. Saat itu Ford Indonesia berhasil meniagakan 12.008 unit kendaraan. Semuanya didatangkan lewat impor, sehingga rentan terkena dampak ekonomi global.

Sementara itu, kabar layanan tetap diberikan kepada konsumen Ford ditegaskan oleh Lea Kartika Indra selaku Communication Director FMI.

"Kami tetap berkomitmen melayani pemilik Ford, termasuk servis, garansi dan penyediaan spare parts. Bahkan yang membeli tahun ini juga akan dicover garansi hingga 3 tahun, untuk suku cadang akan lebih lama lagi."

Selain di Indonesia, Ford juga mengumumkan pengunduran diri dari pasar Jepang.

(Nay)
Komentar