Tren Baru Batu Akik, Diolah Jadi Gigi Palsu

Rabu, 20 Januari 2016 11:45
Tren Baru Batu Akik, Diolah Jadi Gigi PalsuBatu akik diolah jadi gigi palsu @kompas.com

Meredupnya tren batu akik membuat para perajin di Kota Kolaka, Sulawesi Tenggara, memutar otak untuk menghabiskan stok akiknya.

Salah satunya, Hayung, dia mengubah bongkahan batu akik menjadi gigi palsu. Semula, dia membuat gigi palsu dari akik itu untuk dirinya sendiri.

Hayung mengaku terinspirasi kebiasaan orang dulu yang membuat gigi palsu dari logam dan emas.

"Contohnya yang saya pakai, semua gigi palsu ini terbuat dari batu akik. Ada yang jenis kecubung dan lain-lain. Setelah saya pakai gigi palsu dari batu akik, rasanya sama seperti gigi asli," katanya, Selasa (19/1), dilansir dari Kompas.

Dia menambahkan, proses pemasangannya sama seperti gigi palsu lainnya, hanya yang membedakan bahannya saja.

"Tetap pakai cangkang seperti biasanya. Giginya yang terlebih dahulu kita ukur, mau ukuran yang bagaimana. Kan tidak semua besaran dan bentuk gigi itu sama. Tergantung pengguna, ukuran apa yang menurutnya nyaman," tambahnya.

Diakuinya, dari segi ketahanan, gigi palsu akik itu tak kalah dengan bahan baku lainnya.

"Kalau kekerasan tidak diragukan lagi, dan ketahanan juga tepercaya. Saya saja sudah lama menggunakannya, tidak pernah pecah atau rusak ketika menggigit benda keras," ungkapnya.

Hayung pun mengajak peminat akik untuk mencoba gigi palsu dari batu yang pernah menjadi primadona masyarakat ini.

"Tentunya ini bagi mereka yang memang ada niat pasang gigi palsu. Jangan lantaran pencinta batu akik, tidak sakit atau tidak goyang giginya, tetapi mau diganti juga. Tidak ada salahnya kalau mencoba," tutupnya.

(Nay)
Komentar