Polisi Sediakan Arena Balap Liar di Jakarta, Berikut Lokasinya

Selasa, 19 Januari 2016 16:40
Polisi Sediakan Arena Balap Liar di Jakarta, Berikut LokasinyaKepolisian berkoordinasi menyediakan lokasi khusus balap liar di DKI Jakarta @merdeka.com

Ditlantas Polda Metro Jaya mulai serius menyediakan arena khusus untuk mewadahi para pembalap liar di Ibu Kota Jakarta. Seperti diketahui, selama ini kebreradaan pembalap liar itu menjadi kekhawatiran masyarakat hingga berpotensi menyebabkan kemacetan.

"Di sini kita mencoba mewadahi (balap liar) dengan melakukan rapat koordinasi bersama pemda maupun dengan stakeholder yang lain, yaitu dari pusat maupun DKI untuk membuat suatu wadah balap liar," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Risyapudin di Polda Metro Jaya, Senin (12/1).

Rapat koordinasi itu dihadiri oleh Kesbangpol DKI, Dinas Olahraga dan Pemuda, Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Ikatan Motor Indonesia (IMI), Dinas Perhubungan DKI Jakarta, dan beberapa lainnya.

Fasilitas yang dimaksud adalah lokasi steril yang nantinya khusus untuk sirkuit balapan sepeda motor. Dengan demikian, lokasi itu tidak bisa diakses kendaraan lain.

"Dengan adanya suatu wadah ini, sehingga hobi mereka lebih tersalurkan. Kita mengakomodir fenomena-fenomena yang sering dilakukan oleh remaja kita, pemuda-pemudi yang setiap malam minggunya mereka keliatan melakukan balap liar di jalan," jelasnya.

Sejumlah lokasi di Jakarta sudah dibidik untuk dijadikan arena khusus tersebut. Untuk kawasan Jakarta Pusat, lokasi akan dipusatkan di Jalan Asia-Afrika dan kawasan Monas dan Lapangan Banteng. Lalu Jakarta Utara, berada di Kemayoran atau Jalan Benyamin Sueb. Disusul Jakarta Timur berada di kawasan Taman Mini dan arah LP Cipinang.

"Yang mengarah ke LP Cipinang itu kalau misalkan memang suatu hal yang layak terutama tidak ada lobang, tikungannya tidak terlalu tajam, terus dari sisi jalan aspal cukup memadai, ya nanti pihak pemda setempat dan instansi terkait dengan pihak kami dan Binamarga akan meninjau lokasi," paparnya.

"Pelaksanaan dan peninjauan ini akan digilir di masing-masing kota madya baik di wilayah tadi, yakni di Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat dan Jakarta Selatan. Stuktur sudah terbentuk, paling ya kiranya Februari wadah bisa digunakan," imbuhnya.

Kepolisian berjanji akan mendatangkan para ahli sehingga diharapkan bisa meningkatkan skil para pembalap dan meminimalisir risiko kecelakaan.

(Nay)
Komentar