Punya Banyak Anak Bikin Wanita Awet Muda?

Sabtu, 16 Januari 2016 07:00
Punya Banyak Anak Bikin Wanita Awet Muda?Ilustrasi ibu dan anak-anaknya @republika.co.id
Dulu banyak masyarakat Indonesia percaya bahwa memiliki banyak anak akan memiliki banyak berkah. Jika dilihat sepintas memiliki banyak anak pasti sangat merepotkan. Namun dibalik semua itu, sebuah penelitian menemukan bahwa proses penuaan dini bisa terhambat bagi mereka yang memiliki banyak anak.

Menurut peneliti, hal ini terkait dengan telomere atau bagian paling ujung dari kromosom manusia yang banyak ditemukan pada wanita yang memiliki lebih dari satu anak.

"Semakin perempuan banyak memiliki anak, semakin kecil efek penuaan pada dirinya," kata peneliti, seperti dikutip Dailymail.

Para peneliti di Universitas Simon Fraser di British Columbia ini melibatkan 75 perempuan dari dua pedesaan Guatemala. Mereka mengumpulkan DNA melalui spesimen air liur.

"Ini adalah studi pertama yang meneliti hubungan langsung antara jumlah anak-anak dan pemendekan telomere pada manusia dari waktu ke waktu," tulis peneliti.

Sayangnya ahli Ilmu kesehatan Profesor Pablo Nepomnaschy, yang memimpin penelitian ini mengatakan temuan timnya bertentangan dengan teori sejarah yang memprediksi, memiliki banyak anak justru mempercepat laju penuaan biologis.

"Laju pemendekan telomere ditemukan di peserta penelitian yang memiliki banyak anak. Bagaimanapun, hal ini disebabkan oleh peningkatan dramatis estrogen, hormon yang diproduksi selama kehamilan. Karena hormon ini merupakan antioksidan kuat yang melindungi sel-sel terhadap pemendekan telomere," ungkapnya.

Selain itu menurut Pablo lingkungan sosial juga memengaruhi laju penuaan. "Para wanita yang mengikuti penelitian berada di populasi yang subur sehingga mereka mendapat dukungan lebih dari keluarga atau teman saat memiliki banyak anak. Intinya, dukungan keluarga dan lingkungan akan meningkatan energi metabolisme yang dapat dialokasikan untuk pemeliharaan jaringan, sehingga memperlambat proses penuaan," pungkasnya.
(De)
Komentar