4 Tips Aman Memotong Kuku Bayi

Senin, 11 Januari 2016 06:00
4 Tips Aman Memotong Kuku BayiIlustrasi memotong kuku bayi @hidayatullah.com
Beberapa orang tua sangat khawatir menimbulkan luka saat akan memotong kuku si kecil. Padahal membiarkan kuku bayi menjadi panjang dan runcing adalah ide yang buruk karena bisa menyakiti diri mereka sendiri.

National Institute of Health (NIH) mencatat bahwa kuku bayi akan menjadi bahaya bila dibiarkan terlalu lama dan tidak rata. Sebab bayi baru memiliki sedikit kontrol terhadap tubuh mereka sendiri. Jadi tidak ada salahnya jika Anda mencoba memotong kuku si kecil dengan sangat pelan dan hati-hati.

Dilansir dari safebee, berikut 4 tips aman agar tidak menimbulkan luka saat memotong kuku si kecil:

1. Waktu yang tepat

Juru bicara American Academy of Pediatrics (AAP) dokter Alanna Levine merekomendasikan agar para orang tua memotong kuku bayinya ketika dia tengah tertidur lelap. Karena pada kondisi tersebut bayi akan tenang dan tidak akan banyak menggerakkan tangan atau kakinya.

Selain itu, Levine juga memberi opsi lain, yakni ketika orang tua selesai memandikan bayi mereka. Karena setelah mandi, kuku bayi biasanya akan lembut, lentur, dan memudahkannya untuk dipotong.

2. Pilih alat

Untuk memotong kuku bayi, pastikan Anda menyiapkan gunting kuku yang sesuai. Jangan menggunakan peralatan potong kuku yang biasa digunakan oleh orang dewasa. Sebab hal itu akan menambah risiko jari bayi Anda terluka ketika proses pemotongan kuku dilakukan.

3. Mengasah teknik

Ketika memotong kuku bayi, usahakan jangan terburu-buru atau gegabah. Ambil jeda waktu bila memang bayi Anda banyak bergerak. Selain itu, usahakan juga memotong dengan lurus dengan bentuk kuku.

4. Jangan menangis ketika melihat darah

Jangan merasa bersalah bila ternyata kulit jari bayi Anda sedikit terkupas karena salahnya proses pemotongan kuku. Segera bilas jari bayi Anda dengan air, kemudian balut dengan handuk atau tisu, lalu tekan titik luka. Biarkan sejenak, kemudian Anda bisa melanjutkan proses pemotongan.
(De)
Komentar