10 Kesalahan Saat Wawancara Kerja

Minggu, 10 Januari 2016 05:00
10 Kesalahan Saat Wawancara KerjaIlustrasi wawancara kerja @bisnis.com
Hasil wawancara kerja adalah penentu apakah Anda akan bekerja di perusahaan tersebut atau tidak. Oleh karena itu, ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan dengan betul sebelum hari wawancara kerja itu tiba.

Dilansir dari Cosmopolitan, berikut 10 kesalahan yang sebaiknya Anda hindari saat wawancara kerja:

1. Minum

Saat wawancara kerja jangan pernah membawa minuman atau minum sesuatu meskipun sedang sangat haus. Jika memang minuman telah disediakan oleh perusahaan, sebaiknya tunggu hingga wawancara kerja selesai.

Hindari juga minuman berkafein sebelum wawancara, selain menciptakan bau mulut, kafein juga dapat merusak konsentrasi saat wawancara dan membuat Andacepat haus.

2. Duduk terlalu santai

Perhatikan cara duduk Anda. Saat Anda diwawancara sebaiknya Anda duduk tegak namun rileks. Jangan pernah tampakkan keteganggan Anda tetapi juga jangan tampakkan bahwa Anda sangat santai, hal ini menjadi penilaian tersendiri bagi pewawancara.

3. Gaya bicara seenaknya

Memiliki chemistry dengan calon bos memang sangat penting dalam sebuah interview, namun bukan berarti Anda bebas berbicara seenaknya dengan mereka. Gunakanlah gaya bahasa yang baik dan benar, profesional dan tetap berkelas.

4. Merokok

Bau kuat asap rokok dan mulut sehabis merokok bisa sangat mengganggu pewawancara kerja. Ingat, tidak semua orang suka dengan bau atau asap rokok. Jadi, jangan coba-coba untuk merokok saat wawancara kerja.

5. Berpakaian tidak rapi

Gunakan celana panjang hitam dengan blouse yang rapi. Karena sebanyak 95 persen perekrut kerja mengharapkan si pelamar kerja datang dengan pakaian formal saat interview.

Hindari pakaian yang terlalu ketat atau malah terlalu longgar, jadi pastikan pula bahwa Anda merasa nyaman saat memakainya.

6. Tidak mematikan ponsel

Ponsel berdering saat melakukan wawancara kerja hanya dapat mengganggu dan membuat kehilangan peluangpekerjaan. Selain tidak sopan, Anda juga akan dianggap tidak serius.

Menurut beberapa survei sebanyak 91 persen perekrut kerja mengatakan mereka akan segera mencoret Anda dari daftar salah satu kandidat pekerja jika melakukan hal itu. Jadi, matikan ponsel sebelum tiba di perusahaan tujuan.

7. Memainkan pulpen

Gugup saat wawancara kerja? Biasanya sebagian orang akan mengalihkan perhatian dengan memainkan pulpen salah satunya.

Masukkan pensil, pulpen atau semua benda yang bisa mengalihkan konsentrasi dari proses wawancara kerja. Lebih baik, jagalah kedua tangan dan melipatnya di atas pangkuan Anda.

8. Melepas sepatu yang kamu gunakan

Bagi wanita yang menggunakan sepatu hak tinggi, seringkali mereka melepas sepatu dengan alasan capek karena tak terbiasa menggunakannya.

Padahal tak selalu Anda harus menggunakan sepatu hak tinggi, pilihlah alas kaki yang tepat, sopan dan membuat Anda nyaman.

9. Berdandan sangat seksi

Jangan pernah datang wawancara kerja dengan dandan terlalu berlebihan. Hal tersebut dapat membuat Anda dinilai lebih mementingkan penampilan ketimbang otak. Sebaiknya pilihlah pakain yang rapi tapi sopan. Hindari memakai baju yang transparan atau atasan berbelahan dada rendah.

Hasil beberapa survei menunjukkan sebanyak 95 persen perekrut kerja mengaku berpakaian terlalu seksi dapat membuat si pelamar kerja dicoret dari daftar kandidat pekerja.

10. Datang terlambat

Penelitian membuktikan 91 persen perekrut kerja mengatakan bahwa mereka yang datang terlambat saat interview akan langsung ditolak. Bukan saja dianggap sebagai orang yang tidak disiplin, tetapi juga dinilai sebagai orang yang tidak menghargai waktu.

Sediakan waktu yang cukup untuk menempuh perjalanan sehingga Anda bisa datang satu atau setengah jam sebelum wawancara dimulai. Anda juga bisa punya banyak waktu untuk menyiapkan CV, melatih jawaban, hingga membetulkan tatanan makeup.
(De)
Komentar