Hacker Berhasil Tanam Windows 95 di Nintendo 3DS

Senin, 04 Januari 2016 17:30
Hacker Berhasil Tanam Windows 95 di Nintendo 3DSWindows 95 di Nintendo 3DS @fossbytes.com
Sekelompok hacker belum lama ini telah menanamkan sistem operasi Linux pada PlayStation 4. Tak puas sampai di situ, kini giliran Nintendo 3DS yang diretas dan ditanamkan Windows 95 di dalamnya.

Hacker dengan nama alias Shutterbug2000 lah yang berhasil melakukan peretasan dan penanaman tersebut. Ia mengaku jika pencapaian tersebut terjadi hanya karena kebetulan.

Ia pada awalnya hanya ingin menjalankan Windows 95 di perangkat elektronik lain. Sayangnya, perangkat tersebut kurang kuat untuk menjalankan Windows 95 karena RAM kurang besar, demikian dilansir TweakTown.

Hacker ini kemudian mencobanya di Nintendo 3DS miliknya dan tanpa diduga ternyata ia berhasil. Shutterbug2000 mengakui bahwa sistem operasi Windows 95 tidak dapat berjalan dengan stabil dan masih harus melakukan beberapa pengaturan.

Nintendo 3DS sendiri memang bukan pertama kalinya diretas untuk menjajal sistem operasi lain. Tubehax adalah salah satu program terkenal yang paling banyak digunakan para gamer yang memungkinkan Nintendo 3DS menjadi sebuah pemutar multimedia portabel.

Aplikasi YouTube bahkan juga pernah berjalan pada Nintendo 3DS sehingga membuatnya bisa mengakses berbagai video YouTube menggunakan WiFi.

(mks)
Komentar