Tips Sederhana Menghemat Bensin

Senin, 04 Januari 2016 10:15
Tips Sederhana Menghemat BensinSepeda motor @kompas.com
Untuk menghemat pengeluaran bulanan, tidak jarang pengguna sepeda motor melakukan berbagai cara untuk menghemat bensin, termasuk dengan mengoprek mesin dan sebagainya.

Namun kali ini ada cara yang lebih aman hanya dengan modal Rp 2000 saja Anda sudah bisa menggunakan sepeda motor untuk jarak yang cukup jauh. Bagaimana bisa?

Pertama pergi ke pompa ban sekitar kemudian pompa ban kendaraan kesayangan Anda dengan kapasitas sesuai anjuran. Hal ini dikarenakan ban yang mempunyai angin yang ideal dan berputar sempurna akan membuat tarikan motor menjadi rata, begitu pula pada penggunaan BBM.

Pada dasarnya setiap pabrik ban sudah memiliki kapastias ideal sendiri dan hal itu bisa dilihat dari kode-kode pada ban. Jika tukang pompa ban sudah mengetahui hal itu, maka Anda tidak perlu repot menjelaskannya untuk mendapat angin ban yang ideal.

Jika kode tersebut tidak ada, maka Anda bisa menggunakan 28psi-30psi untuk ban depan, dan 30psi-33psi untuk ban belakang.

Penggunaan efisiensi ban dengan bahan bakar memang tidak dapat diukur secara pasti berapa persen. Namun hal ini tentu akan berpengaruh dan membuat penggunaan BBM semakin merata dan tidak membuangnya secara sia-sia. Daya cengkram ban yang bagus tentu akan membuat tenaga mesin bisa disalurkan sepenuhnya ke putaran roda. Selamat mencoba!

(mks)
Komentar