Retas Sistem Perusahaan, Pria Ini Menang Undian Selama 6 Tahun

Senin, 21 Desember 2015 15:00
Retas Sistem Perusahaan, Pria Ini Menang Undian Selama 6 TahunEddi Tipton @calvinayre.com
Memenangkan undian mungkin adalah salah satu hal yang paling menyenangkan bagi beberapa orang. Itu pula yang sangat diinginkan oleh seorang pria bernama Eddi Tipton ini.

Pria yang merupakan mantan kepala keamanan Multi-State Lottery Association tersebut diduga meretas sistem tempat ia bekerja demi memenangkan sebuah undian. Eddi diperkirakan menggunakan sebuah software yang akan aktif saat sebuah komputer dinyalakan (rootkit) untuk mengetahui nomor lotere yang akan menang.

Eddi nantinya akan meminta orang lain untuk membeli nomor yang telah ia ketahui tersebut dan mengambil hadiahnya. Kini ia dinyatakan bersalah oleh kepolisian karena telah berusaha melakukannya di sebuah tempat lotere di Lowa, AS, demikian dilansir Engadget.

Ulahnya ini tidak dilakukan hanya sekali. Dalam sebuah keterangan bahkan ia dikatakan telah melakukannya di 4 negara bagian selama 6 tahun. Kepolisian pun kini tengah menyelidiki orang dari perusahaan tempat Eddi bekerja di 37 negara bagian lain untuk memastikan keamanan tempat lotere lainnya.

Wakil jaksa agung Lowa, Thomas H. Milner mengatakan, "Sangat naif untuk berpikir dia hanya melakukan penipuan di 4 bagian negara. Jika Anda menemukan satu kecoak, Anda harus berasumsi bahwa ada 100 kecoak lain yang belum Anda temukan."

Kasus ini pertama kali terungkap ketika polisi curiga dengan seorang pengacara di New York mengklaim hadiah US$ 16,5 juta pada tahun 2012. Namun dia menolak hadiah tersebut saat diminta siapa yang membeli tiket lotere yang ia menangkan.

Ketika kepolisian memberitahukan sebuah video yang menunjukkan siapa yang telah membeli tiket lotere tersebut. Teman kantor Eddi mengatakan jika pria tersebut mirip dengan Eddi.

(mks)
Komentar