7 Cara Atasi Kebiasaan Mendengkur

Senin, 21 Desember 2015 05:00
7 Cara Atasi Kebiasaan MendengkurIlustrasi tidur mendengkur @klikbontang.com
Kebiasaan mendengkur biasanya terjadi pada kaum pria. Hampir 45 persen dari pria dewasa tidur sambil mendengkur. 75 persen orang yang mendengkur memiliki gangguan tidur, yaitu sleep apnea yang obstruktif. Jenis gangguan tidur yang meningkatkan risiko penyakit jantung pada seseorang.

Nah untuk mengatasinya berikut ada 7 cara sehat agar berhenti mendengkur.

1. Ubah posisi tidur Anda

Berbaring telentang membuat pangkal lidah dan bagian langit-langit yang lunak ke dinding belakang tenggorokan, menyebabkan suara bergetar saat tidur. Tidur menyamping dapat membantu mencegah hal ini.

"Sebuah bantal panjang dapat membantu Anda mempertahankan posisi ini dan membuat perbedaan yang dramatis," kata Slaughter.

2. Pangkas berat badan

Penurunan berat badan dapat membantu beberapa orang terhindar dari sleep apnea, tetapi tidak semua orang. "Ada orang kurus yang mendengkur juga," kata Slaughter.

Jika Anda mendengkur setelah mengalami kenaikan berat badan dan tidak sebelumnya, penurunan bobot tubuh bisa membantu. "Jika ukuran lingkar leher Anda bertambah karena kelebihan lemak, hal itu dapat menekan tenggorokan sehingga memicu dengkuran.

3. Hindari alkohol

Alkohol dan obat penenang bisa mencegah otot-otot di bagian belakang tenggorokan Anda untuk beristirat. Hasilnya, Anda pun jadi mendengkur.

"Minum alkohol 4-5 jam sebelum tidur akan membuat dengkuran semakin memburuk," kata Chokroverty. "Orang-orang yang biasanya tidak mendengkur akan mendengkur setelah minum alkohol."

4. Praktikkan kebiasaan tidur yang baik

Kebiasaan tidur yang buruk dapat memiliki efek yang sama dengan minum alkohol, kata Slaughter. Misalnya, jam kerja yang panjang yang membuat Anda tidak cukup tidur.

"Ketika ada waktu untuk tidur, Anda tidur seperti orang mati dan otot-otot menjadi lebih lemah. Hal ini bisa menciptakan dengkur," ujar Slaughter.

5. Buka hidung Anda

Jika dengkuran dimulai dari hidung Anda, menjaga saluran hidung terbuka akan dapat membantu mencegah Anda tidur mendengkur.

"Bayangkan sebuah selang dengan air yang mengalir melaluinya. Semakin sempit selang, semakin sulit air melewati selang itu dan semakin terasa deras semburannya."

6. Ganti bantal tidur Anda

Alergi juga bisa menjadi penyebab Anda mendengkur. Jika Anda mulai mendengkur ketika kondisi kamar sedang kotor, artinya Anda harus mulai mengambil lap dan kain pel. Juga mengganti bantal dengan bantal yang baru atau yang lebih bersih.

7. Cukup cairan

Ketika dehidrasi, cairan di dalam mulut dan hidung Anda akan menjadi lebih kental dan lengket. Cairan yang mengental ini bisa menghalangi jalan napas dan menyebabkan Anda mendengkur. Demikian menurut Institute of Medicine.
(De)
Komentar