Wow! Biaya Servis Moge Setara Dua Kali Gaji Buruh

Rabu, 16 Desember 2015 20:15
Wow! Biaya Servis Moge Setara Dua Kali Gaji BuruhBiaya perawatan moge selangit @viva.co.id

Seperti halnya kendaraan lain, moge atau motor gede juga memerlukan perawatan secara berkala. Hanya saja yang membedakan biaya perawatan yang lebih mahal dibandingkan motor biasa.

Bisa dikatakan sekali servis moge harus merogoh kocek yang besarnya setara dengan dua kali gaji buruh di daerah sebesar Rp 2,5 juta. Hal itu disampaikan oleh pemilik diler moge Quantum Motor, Alex Samosir.

"Servis moge itu mahal. Makanya cuma orang kaya saja yang bisa memilikinya. Kalau orang berpenghasilan rendah tentu tak akan bisa, servisnya saja mahal," kata Alex.

Alex menjelaskan, untuk sekali servis moge pabrikan Eropa, sedikitnya membutuhkan biaya sebesar Rp 5 juta.

"Itu (Rp 5 juta) minimal lah. Apalagi kalau moge merek Ducati yang mudah rewel, bensin kotor saja bisa rogoh jutaan rupiah. Apalagi kalau embel-embel mesin overheat. Untuk pengecekan masalah seperti sensor saja, butuh dana sekira Rp 2,8 juta," kata Alex.

Namun biaya servis sedikit lebih murah untuk motor pabrikan Jepang, seperti misal Yamaha R6 dengan biaya servis rutin sekitar Rp 2 jutaan.

"Kalau merek Jepang lebih murah, Rp 2-Rp 3 jutaan. Rinciannya, ganti oli saja Rp 1 jutaan, biaya jasa dan lain-lain sisanya. Biaya bisa jadi bengkak kalau ada penggantian suku cadang. Untuk kampas kopling (moge) saja bisa Rp 4 jutaan," ujar Alex.

Kendati tergolong mahal, namun penggemar moge tak menghiraukan besarnya dana tersebut. Ibarat kata, mereka sudah jatuh cinta.

Sebagai tambahan, bagi Anda yang berminat meminang moge, menurut Alex sedikitnya harus memiliki penghasilan tetap sekitar Rp 20-Rp 25 juta per bulan. Gaji itu diasumsikan dengan besarnya cicilan moge baru.

"Untuk moge keluaran Jepang, cicilan tiap bulannya itu sekira R p8-Rp 10 juta. Kalau moge Eropa, cicilannya sekira Rp 12 jutaan. Jadi memang orang-orang berkocek tebal saja yang bisa memilikinya," kata Alex. Demikian dilansir dari Viva.

(Nay)
Komentar