Gelar Pesta Pernikahan Mewah Buat Hubungan Tidak Langgeng

Selasa, 08 Desember 2015 18:00
Gelar Pesta Pernikahan Mewah Buat Hubungan Tidak LanggengIlustrasi pernikahan @static6.com
Pernikahan banyak dianggap sebagai momen sakral yang sebaiknya dilakukan hanya sekali seumur hidup ini kerap kali membuat beberapa orang rela menggelar pesta pernikahan yang mewah. Padahal besarnya biaya pernikahan bisa berakibat pada kelanggengan sebuah hubungan.

Dilansir dari PBS, sebuah penelitian yang dilakukan oleh dua orang profesor bidang ekonomi dari Emory University, Amerika Serikat menemukan bahwa semakin banyak biaya yang dikeluarkan untuk pernikahan, maka akan semakin singkat usia pernikahan mereka.

Penelitian tersebut dilakukan kepada lebih dari 3.000 orang yang telah dan pernah menikah. Hasilnya semakin besar biaya yang dikeluarkan untuk pernikahan, ternyata semakin tinggi kemungkinan cerai yang terjadi.

Andrew Francis dan Hugo Mialon menyatakan penyebab munculnya masalah ini adalah karena biaya mahal yang dikeluarkan tersebut sebagian besar berasal dari utang. Ketika sudah menikah, masalah utang ini dapat menjadi sebuah hal yang bermasalah pada suami dan istri.

Keinginan untuk tampil secara mewah dan berlebih ini justru membuat tidak terjadinya awal yang baik pada pernikahan. Namun ternyata teori ini tidak berlaku pada sebuah pesta pernikahan yang besar dengan jumlah tamu yang banyak.

Francis dan Mialon menyatakan bahwa dengan jumlah tamu yang banyak di pesta pernikahan, peluang cerai yang dimiliki sebuah pasangan menurun. Hal ini terutama memiliki efek yang besar jika sebuah pesta pernikahan memiliki tamu yang banyak dan dengan biaya yang sedikit.
(De)
Komentar