5 Foto Buah Hati Yang Tak Boleh Diunggah Di Sosial Media

Selasa, 08 Desember 2015 16:50
5 Foto Buah Hati Yang Tak Boleh Diunggah Di Sosial MediaIlustrasi selfie bersama si kecil @detik.com
Ngetrennya aksi selfie merembet pada kebiasaan orang tua untuk membagi setiap kegiatan atau moment sang anak di akun sosial media. Memang saat ini hal yang wajar jika membagikan foto di sosial media.

Membagikan foto anak yang pertama kali bisa berjalan, memakai baju baru, berulangtahun atau asyik bermain adalah hal yang menggemaskan. Tetapi, Bunda perlu tahu jika tak semua foto si kecil layak untuk diunggah di sosial media.

Sebab tanpa Anda sadari Anda telah mengantar si kecil ke jurang bahaya predator online. Dilansir dari laman parenting.com, berikut 5 foto yang sebaiknya tidak diunggah ke sosial media.

1. Foto Saat Mandi Atau Di Toilet

Di tangan orang yang salah, foto-foto seperti ini dapat disalahgunakan menjadi bahan pornografi anak.

Foto ketika sikecil sedang mandi memang terlihat menggelikan, tetapi bayangkan perasaan si kecil saat melihat foto itu ketika ia remaja. Anything you share online lasts forever, remember.

2. Foto Yang Memalukan

Terkadang memajang foto candid anak dengan pose lucu yang menggelikan, memang bikin gemas. Hal ini bisa membuat si kecil merasa malu dan memicu kemarahannya ketika ia sudah mengerti malu.

Jika si kecil marah dan Bunda tidak menghiraukan, ia akan merasa trauma, depresi dan cemas berlebih di masa depannya. Para ahli menyebutnya sebagai child shaming online dan jangan disepelekan dampaknya bagi psikis anak.

3. Foto Anak Dalam Grup

Jika Bunda berniat mengunggah foto anak bersama teman-temannya, pastikan mendapat ijin dari orang tua lainnya. Bisa jadi orang tua lainnya merasa tidak nyaman wajah sang anak ada di dunia maya.

4. Foto Anak Melakukan Hal Yang Tidak Aman

Apakah Bunda pernah dengan sengaja membiarkan anak berpose dengan botol bir kemudian mengabadikannya? Atau foto membonceng anak dengan posisi aneh dan menjepretnya kemudian mengunggahnya?

Foto-foto ini mungkin terlihat seru dan lucu, tetapi jika diunggah ke social media tentu akan memancing kontroversi dan membuat orang akan beranggapan negatif, kepada keluarga Anda maupun si kecil.

5. Data-Data Pribadi

Hindari membagikan nama lengkap, alamat rumah, detil sekolah, foto rumah, foto kamar dan hal-hal lain yang terkait data pribadi anak.

Sebab, Anda tidak akan pernah tahu siapa yang diam-diam menggunakan informasi ini untuk tujuan tertentu.
(De)
Komentar