11 Istilah Atau Nama Lain Babi

Sabtu, 28 November 2015 07:00
11 Istilah Atau Nama Lain BabiIlustrasi babi @krjogja.com
Babi sangat dikenal dengan hewan yang kotor dan dagingnya banyak mengandung penyakit. Seperti cacing yang terkandung di dalam daging babi tak bisa mati meski telah di masak. Demi kesehatan inilah di Indonesia melarang segala produk terutama makanan menggunakan segala unsur yang berhubungan dengan babi.

Namun belum lama ini, masyarakat di hebohkan dengan adanya salah satu restoran ternama diragukan kehalalannya lantaran diyakini menghidangkan makanan yang telah dicampur dengan unsur babi.

Hal ini membuat masyarakat resah jika mereka akan tanpa sengaja makan makanan yang tercampur atau terbuat dari babi khususnya masyarakat muslim.

Ada baiknya jika Anda kenali istilah atau nama-nama lain babi dalam komposisi makanan agar Anda tidak terjebak mengonsumsi makanan dengan unsur babi. Seperti istilah 'the source of gelatin capsule is porcine', yang artinya kapsul dari gelatin babi.

Untuk lebih lengkapnya berikut istilah lain yang berhubungan dengan babi yang dilansir dari laman Lembaga Pengkajian Pangan, Obat dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI):

1. Pic

Istilah umum untuk seekor babi atau sebenarnya babi muda, berat kurang dari 50 kg.

2. Pork

Istilah yang digunakan untuk daging babi di dalam masakan.

3. Swine

Istilah yang digunakan untuk keseluruhan kelompok spesies babi.

4. Hog

Istilah untuk babi dewasa, berat melebihi 50 kg.

5. Boar

Babi liar/celeng/babi hutan

6. Lard

Lemak babi yang digunakan untuk membuat minyak goreng dan sabun.

7. Bacon

Daging hewan yang disalai, termasuk/terutama babi.

8. Ham

Daging pada bagian paha babi.

9. Sow

Istilah untuk babi betina dewasa (jarang digunakan).

10. Sow Milk

Susu babi

11. Porcine

Istilah yang digunakan untuk sesuatu yang berkaitan atau berasal dari babi. Porcine sering digunakan di dalam pengobatan/medis untuk menyatakan sumber yang berasal dari babi.

Di tengah-tengah masyarakat juga dikenal istilah-istilah lain yang mengacu pada babi, misalnya charsiu, cu nyuk, mu, chasu, yakibuta, nibuta, B2, dan lain-lain.
(De)
Komentar