Cara Tepat & Aman Membuang Obat Kadaluwarsa

Rabu, 16 Desember 2015 09:00
Cara Tepat & Aman Membuang Obat KadaluwarsaIlustrasi obat kadaluwarsa @static6.com
Sering kali kita tidak menyadari bahwa menyimpan terlalu banyak obat di dalam kotak P3K dan dalam waktu yang lama bisa jadi obat telah kadaluwarsa.

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang hal ini, mulai dari saat menyimpan, hingga membuang obat. Sebagai masyarakat cerdas, mulailah mengenali obat yang dikonsumsi dengan cara membaca informasi yang tertera pada kemasan.

Informasi yang perlu Anda ketahui dari kemasan obat adalah nama obat, komposisi, kegunaan obat, dosis obat, efek samping, dan siapa yang boleh dan tidak konsumsi obat tersebut.

"Harga perlu diketahui, karena kalau ada obat dengan kompisisi yang serupa dan dengan manfaat sama, maka lebih baik gunakan yang murah," kata Ardiyani dari Dit Bina Yanfar, Subdit Penggunaan Obat Rasional, di acara Cara Belajar Insan Aktif di kantor Kementrian Kesehatan, Jakarta Selatan, Selasa, 24 November 2015.

Selain itu, perlu untuk Anda ketahui pula bahwa dalam kemasan obat yang ada lingkar hijau berarti itu adalah obat bebas, lingkar biru berarti bebas terbatas. Maksudnya obat-obat ini dapat dibeli dengan bebas amun tetap harus memperhatikan aturan pakai dan efek samping. Sedangkan obat dengan lingkar merah berarti obat ini tergolong obat keras yang harus diresepkan dokter.

Cara membuang obat yang perlu diperhatikan adalah pisahkan kemasan dari isi. Untuk obat padat hancurkan, kemudian untuk obat cair, buang dalam air mengalir. Untuk bahan salep berbentuk tube, buka gulungan pada ekor kemasan, kemudian potong.
(De)
Komentar