6 Bahan Dapur Ini Bisa Atasi Luka Bakar Ringan

Senin, 23 November 2015 17:30
6 Bahan Dapur Ini Bisa Atasi Luka Bakar RinganIlustrasi luka bakar @sinarharapan.co
Anda pasti pernah tersengat panci atau alat memasak yang panas dan akhirnya kulit Anda mencaji sedikit melepuh atau langsung ada goresan coklat seperti luka bakar? Hal ini wajar bagi seorang ibu rumah tangga.

Dilansir dari laman tipnut.com, berikut ada beberapa bahan dapur yang bisa kita gunakan untuk mengatasi luka bakar ringan. Namun ingat, sebelum Anda mengobatinya dengan bahan dapur berikut pastikan luka tersebut telah Anda bersikan dengan air.

1. Putih Telur

Ambil bagian putih telur. Lalu, oleskan ke area kulit yang terbakar. Biarkan mengering, setelah itu oleskan lagi bila perlu. Cara ini dipercaya bisa mencegah kulit melepuh makin parah.

2. Kantung Teh

Kandungan tannin dalam teh diyakini sebagai zat penyembuh. Ambil kantung teh, celupkan ke air dingin beberapa kali. Kemudian kompres area yang terkena luka bakar ringan dengan kantung teh tersebut.

3. Kentang Mentah

Ambil irisan kentang atau parut kentang. Lalu aplikasikan ke area yang melepuh.

4. Cuka

Cuka putih atau cuka apel bisa digunakan untuk mengatasi kulit melepuh. Oleskan cuka ke area yang melepuh atau bisa juga ambil kain bersih dan celupkan ke cuka, kemudian aplikasikan ke area yang terluka. Cara ini diyakini bisa mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

5. Baking Soda

Campurkan baking soda dan air secukupnya hingga membentuk pasta. Oleskan ke area kulit yang melepuh secukupnya. Ketika kering, bilas hingga bersih.

6. Gel Lidah Buaya

Inilah gunanya menanam tumbuhan lidah buaya di rumah. Untuk mengatasi melepuh akibat luka bakar ringan, ambil gel lidah buaya secukupnya. Lalu aplikasikan ke area yang terluka.
(De)
Komentar