5 Penyebab Wanita Merasa Sakit Saat Bercinta

Sabtu, 05 Desember 2015 06:00
5 Penyebab Wanita Merasa Sakit Saat BercintaIlustrasi orgasme @blogspot.com
Biasanya, wanita akan merasa kesakitan saat pertama kali melakukan hubungan seks. Tetapi, survei dari National Survey of Sexual Health and Behavior (2009) mengungkapkan bahwa sekitar 30% wanita merasa kesakitan setiap kali melakukan seks.

"Nyeri saat berhubungan seks dapat membuat seorang wanita menjadi takut untuk bercinta, menurunkan gairah, dan yang paling parah, bisa merenggangkan hubungan dengan pasangan," ujar Debra Herbenick, PhD, peneliti kesehatan seksual di Indiana University di Bloomington.

Dilansir Prevention, Inilah 5 hal yang menyebabkan wanita merasa kesakitan saat bercinta :

1. Penetrasi

Wanita membutuhkan foreplay lebih lama agar merasa terangsang sehingga tidak merasa kesakitan saat pria melakukan penetrasi.

Foreplay bermanfaat agar wanita merasa lebih rileks dan melancarkan aliran darah ke area vagina sehingga menghasilkan cairan pelumas lebih banyak.

"Kurangnya cairan pelumas membuat wanita merasakan sakit saat penetrasi berlangsung. Melakukan foreplay (minimal 20 menit) bisa mengurangi, bahkan meniadakan rasa sakit," saran Herbenick.

2. Stres

Kaum wanita sering memikirkan masalah pekerjaan saat bercinta sehingga sulit mencapai orgasme dan merasa kesakitan saat bercinta.

Herbenick mengatakan agar pasangan melakukan pijatan sebelum memulai sesi bercinta.

"Selain membuat rileks, pijatan mampu meningkatkan keintiman dengan pasangan," jelasnya.

3. Ukuran Penis

Ukuran penis yang besar akan menyebabkan rasa sakit saat bercinta, terutama bagi wanita yang memiliki mulut vagina kecil.

Saat bercinta, penis akan mendorong leher rahim sehingga menimbulkan rasa sakit. Sebaiknya, ubah posisi sek menjadi women on top agar wanita bisa mengatur kendali saat penetrasi.

4. Infeksi genital

Beberapa infeksi di organ intim seperti jamur akan membuat seks terasa tidak nyaman dan terasa nyeri. Sebaiknya, periksakan diri ke dokter agar mendapatkan pengobatan yang tepat.

5. Endometriosis

Endometriosis adalah sebuah jaringan asing yang berkembang di sekitar rahim. Herbenick mengatakan kondisi ini akan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa saat bercinta.

Endometriosis bisa di deteksi melalui rasa sakit yang tak tertahankan yang terjadi selama siklus menstruasi.

Sebaiknya, lakukan USG dan berkonsultasilah pada dokter ahli agar mendapatkan penanganan yang terbaik.
(De)
Komentar