Menguap Berlebihan Bisa Menjadi Pertanda Sakit Jantung

Sabtu, 12 Desember 2015 05:00
Menguap Berlebihan Bisa Menjadi Pertanda Sakit JantungIlustrasi menguap @korannonstop.com
Umumnya, menguap adalah pertanda seseorang sedang merasa lelah, bosan atau mengantuk. Namun, jika terlalu sering menguap, mungkin hal itu bisa menjadi pertanda suatu penyakit.

Dikutip Livestrong, menguap secara berlebihan di dalam dunia medis disebut dengan istilah reaksi vasovagal. Reaksi ini disebabkan oleh saraf vagus pada pembuluh darah. Menariknya, menguap bisa berkaitan dengan gangguan penyakit jantung.

Peneliti dari University of Maryland Medical Center mengungkapkan bahwa menguap secara berlebihan bisa menjadi pertanda penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan diseksi aorta (pecahnya pembuluh darah aorta).

"Jika Anda menguap berlebihan tetapi tidak lelah, mungkin ini Reaksi Vasovagal. Segera ke rumah sakit dan konsultasi untuk mengetahui berapa kali menguap per jam setiap hari," jelas peneliti.

Meskipun bukan penyakit yang serius, menguap secara berlebihan bisa berkaitan dengan masalah gangguan tidur sehingga dokter harus mengukur kadar oksigen, denyut jantung, gerakan mata yang cepat, aktivitas otot dan gelombang otak pada pasien.
(De)
Komentar