Perbedaan Tentang Mikropenis & Penis Kecil

Minggu, 29 November 2015 06:00
Perbedaan Tentang Mikropenis & Penis KecilIlustrasi penis @detik.com
Mikropenis adalah kondisi penis bentuk normal, tetapi berukuran kecil dan tidak memiliki kelainan lainnya.

Dilansir situs www.parentsindonesia.com, ukuran penis normal pada bayi yang baru lahir adalah ukuran panjangnya minimal 2,5 cm. Saat umur 6 bulan, panjangnya minimal 3 cm dan akan terus bertambah sesuai umur.

Penelitian ini mengungkapkan bahwa penis bayi yang berusia 0 sampai 1 bulan rata-rata tidak memiliki perbedaan ukuran, artinya semua bayi laki-laki yang baru lahir memiliki ukuran penis yang sama.

Ukuran penis kecil belum tentu mengalami kondisi mikropenis sebelum mengukurnya secara benar. Ada ukuran yang menentukan mikropenis atau small penis (penis kecil).

Jika ukuran penis kurang 2,5 cm dari ukuran normal maka Anda tidak perlu khawatir karena kondisi ini disebut small penis.

Tetapi, jika penis si kecil berukuran di bawah 1 cm atau jika kekurangannya lebih 2,5 cm dari ukuran normal maka kemungkinan si kecil mengalami kondisi mikropenis.

Tetapi, tidak usah khawatir karena kedua kondisi ini bisa ditangani dengan terapi hormon. Mikropenis bisa ditangani dengan terapi hormon, sedangkan small penis kemungkinan bisa ditangani dengan terapi tanpa hormon.

Pengukuran penis yang tepat bisa dilakukan pada dokter spesialis endokrin anak. Cara mengukurnya dilakukan dengan teliti dan tidak sembarangan, karena penis akan diukur dalam keadaan normal (tidak sedang ereksi).

Pengukuran penis dimulai dari ujung kepala penis hingga pangkalnya, dengan cara ujung kepala penis dipegang lalu ditarik dalam keadaan tegak, lalu pengukuran dilakukan pada bagian punggung penis (dorsum).

Jika si kecil bertubuh gemuk, pastikan alat ukur yang digunakan benar-benar menyentuh pangkal (tulang pubis) dan bukan berada di atas lapisan lemaknya.

Biasanya, dokter akan menekan jaringan lemak anak yang menutupi penis, lalu meregangkannya. Sebaiknya, pengukuran dilakukan sebanyak 3 kali, karena hasilnya bisa berbeda-beda tergantung pada kondisi penis dan cara pengukurannya.
(De)
Komentar