Anak Orang Kaya Cenderung Lebih Cerdas

Sabtu, 14 November 2015 20:15
Anak Orang Kaya Cenderung Lebih CerdasIlustrasi ibu dan anak @bimbel100.com
Sebuah riset terbaru mengungkapkan bahwa latar belakang keluarga bisa mempengaruhi tingkat kecerdasan anak, terutama dalam bidang akademik. Anak orang kaya cenderung lebih cerdas karena memiliki bentuk otak yang lebih besar.

Para peneliti yang mewakili 9 Universitas dari seluruh dunia dan dipimpin oleh ahli saraf di Rumah Sakit Anak Los Angeles dan Columbia University Medical Center, melakukan penelitian terhadap efek jumlah penghasilan keluarga dan pendidikan yang diberikan orangtua pada anak serta perkembangan otak anak saat remaja.

"Kami sudah tahu sejak lama bahwa anak-anak dari keluarga berpenghasilan rendah atau kurang beruntung, tidak melakukan apa yang baik di sekolah dan mengalami lebih banyak kesulitan pada tes standar," kata Dr. Elizabeth Sowell, direktur Developmental Cognitive Neuroimaging Laboratory, di Rumah Sakit Anak Los Angeles.

"Kita tahu bahwa otak menyetir kognisi dan perilaku, sehingga harus ada beberapa perbedaan dalam otak. Ini adalah studi terbesar untuk melihat hal-hal seperti pendapatan keluarga dan ukuran otak," tambahnya.

Para peneliti melakukan analisa pada hampir 1.100 orang yang berusia antara 3 hingga 20 tahun, lalu mengumpulkan data keadaan ekonomi, melakukan scan otak MRI serta tes kognitif untuk mengukur tingkat pengendalian diri dan konsekuensi dari tindakan.

Hasilnya, peneliti menemukan fakta bahwa pendapatan keluarga bisa mempengaruhi luas permukaan otak sang anak, terutama bagian otak kiri yang lebih dominan di bidang akademis.
(De)
Komentar