Sosok Misterius Penemu Bitcoin Dinominasikan Nobel

Selasa, 10 November 2015 13:10
Sosok Misterius Penemu Bitcoin Dinominasikan NobelBitcoin @cnbc.com
Nobel adalah penghargaan tahunan yang diberikan kepada mereka yang berhasil menyumbangkan ilmu pengetahuan di bidang apapun. Tahun depan, Nobel Ekonomi akan menunjuk penemu Bitcoin sebagai nominasi.

Selama ini banyak orang mengatakan dan bahkan mesin pencari pun menunjukkan bahwa penemu uang digital tersebut adalah pria bernama Satoshi Nakamoto.

Dilansir Gizmodo, Senin (9/11/2015), Satoshi menerbitkan sebuah makalah yang menjelaskan konsep dan menulis perangkat lunak asli yang mendasari kemunculan Bitcoin pada tahun 2008 silam. Tak heran jika Profesor Ekonomi di University of Chicago, Bhagwan Chowdhry mencalonkan Satoshi sebagai penerima Nobel Ekonomi 2016.

Kendati demikian, yang menjadi permasalahan adalah sosok Satoshi yang masih menjadi misteri hingga sampai saat ini. Satoshi adalah nama samaran dan penelusuran yang dilakukan selama ini untuk mengungkap sosok Satoshi yang sebenarnya masih belum membuahkan hasil.

Fakta ini juga disadari oleh Profesor Chowdhry yang ditunjuk untuk memilih nominasi Nobel di bidang Ekonomi. "Aku sangat serius mencalonkan Satoshi Nakamoto untuk penghargaan itu. Penemuan Bitcoin, mata uang digital, tidak lain adalah sebuah revolusi," ujar Profesor Chowdhry dilansir Huffington Post.

Pemberian Nobel kepada orang atau kelompok tak dikenal memang tidak dilarang. Namun tentu hal ini akan menyulitkan komite Nobel untuk mengatur nominasi nantinya.

Bitcoin sendiri adalah uang digital yang merupakan revolusi besar yang bisa mengubah dunia ekonomi di masa mendatang dan seterusnya.

(mks)
Komentar