Pamer Foto Copot Hijab, Karir Artis Iran Terancam Tamat

Sabtu, 31 Oktober 2015 08:45
Pamer Foto Copot Hijab, Karir Artis Iran Terancam TamatSadaf Taherian dikecam sebab copot hijab @arabnews.com

Aktris cantik asal Iran, Sadaf Taherian menuai kecaman luas di negaranya akibat mengumbar foto-foto dirinya tanpa memakai hijab di media sosial.

Pemerintah Iran bahkan menyebutnya tidak bermoral dan melarangnya main film, dilansir dari Daily Mail, Jumat (30/10).

Sadaf mengunggah sejumlah foto sensual dirinya di Instagram sebagai protes terhadap undang-undang Iran yang mengebiri hak perempuan sebab harus memakai penutup kepala di ruang publik.

"Saya gugup dan khawatir tentang bagaimana orang-orang bereaksi terhadap foto-foto saya," katanya.

"Kenangan masa lalu saya memberi saya kepercayaan diri untuk mem-posting foto-foto itu. Saya ingat saat mengunjungi banyak perusahaan film untuk menandatangani kontrak, tetapi saya justru mendengar banyak komentar yang tidak pantas terkait penampilan fisik saya."

Sejumlah foto dirinya tampil polos tanpa hijab menjadi kontroversi hebat di Iran. Media dan netter Iran mengecamnya habis-habisan.

"Saya tidak mengharapkan hal ini dari rakyat Iran, dari budaya saya sendiri, untuk mendengar begitu banyak penghinaan," katanya. "Saya hanya bisa merasa kasihan terhadap reaksi mereka, dan tidak ada lagi yang bisa saya katakan. Saya ingin tinggal di suatu tempat dan hidup dengan cara yang membuat saya bahagia."

Bahkan, Kementerian Kebudayaan Iran berjanji mencabut izin kerja Sadaf. Praktis, dia bakal kesulitan membintangi film, iklan dan sejumlah kontrak lainnya.

Seperti diketahui, Iran menerapkan aturan ketat terhadap tata cara berbusana wanita. Setiap perempuan di sana diwajibkan memakai jilbab longgar, yang menutupi rambut dan leher mereka.

(Nay)
Komentar