Formula Rahasia Pembuatan Coca-Cola

Sabtu, 31 Oktober 2015 08:00
Formula Rahasia Pembuatan Coca-ColaIlustrasi coca-cola @brta.in
Coca-cola adalah minuman yang tak sengaja diciptakan oleh ahli farmasi John Stith Pemberton dan resep rahasianya di jual pada Asa Candler seharga US$2.300.

Asa Candler mendirikan coca-cola Company pada tahun 1892 sampai sekarang.Formula rahasia coca-cola adalah rahasia yang sangat di jaga sangat ketat oleh perusahaan hingga saat ini.

Tetapi, pada tahun 1993 formula rahasia coca-cola dipublikasikan secara umum.Formula rahasia coca-cola dipublikasikan oleh Mark Pendergrast dalam bukunya yang berjudul For God, Country & Coca-Cola.

Pendergrast mencari arsip sejarah Coca-Cola di Atlanta dan menemukan sisa-sisa buku formula milik Dokter JS Pemberton.Dan secara tak sengaja ia melihat formula khusus yang sangat dirahasiakan perusahaan.

Buku yang sangat berharga bagi perusahaan coca-cola akhirnya berada di tangan Pendergrast dan ia tak percaya saat melihat dan memegangnya.

Pada tahun 1940, anak John Turner (ahli farmasi yang pernah bekerja magang di perusahaan Pemberton) menunjukkan buku tersebut pada seorang anggota dewan bernama Harisson Jones. Lalu, Jones berhasil membujuk agar buku tersebut diserakan padanya.

Sejak saat itu, buku formula rahasia coca-cola menghilang. Sebelum buku rahasia itu menghilang, Pendergrast sempat menyalin dan menuliskan formula rahasia coca-cola dalam bukunya.

Inilah formula rahasia Coca-Cola yang sempat dilihat Pendergast :

- Kafein Sitrat 1 oz
- Ekstrak Vanilla 1 oz
- Perisa 2.5 oz
- F.E. Coco 4 oz
- Asam Sitrat 3 oz
- Lime Juice 1 quart
- Gula 30lbs
- Air 2.5 Gallons
- Caramel secukupnya

Perisa:

- Minyak Orange 80
- Minyak Lemon 120
- Minyak Nutmeg 40
- Minyak Cinnamon 40
- Minyak Coriander 20
- Minyak Neroli 40
- Alkohol 1 quart (biarkan selama 24 jam)

Semua takaran perisa menggunakan standar US Imperial yang berarti 1 mins sama dengan 1 tetes. F.E Coco adalah kokain tingkat rendah yang dihasilkan dari daun coca.

Tetapi, daun coca termasuk barang yang ilegal dan sangat sulit didapat karena harus mendapatkan izin dari pemerintah Amerika Serikat.

Hingga saat ini, minuman coca-cola tetap di produksi meski tanpa bahan khusus tersebut.
(De)
Komentar