Efek Negatif Terlalu Banyak Minum Air Putih

Minggu, 01 November 2015 06:00
Efek Negatif Terlalu Banyak Minum Air PutihIlustrasi air putih @viva.co.id
Minum air 8 gelas perhari memiliki manfaat kesehatan yaitu meningkatkan konsentrasi, memperbaiki sel kulit, dan menambah energi.

Selain itu, air putih juga bermanfaat untuk mencegah sakit kepala, membantu proses pembuangan racun dari dalam tubuh, dan menahan nafsu makan.

Tetapi, Profesor Mark Whiteley, konsultan bedah vaskuler dan pendiri The Whiteley Clinic di London mengungkapkan bahwa jika seseorang minum air putih terlalu banyak, ia akan terkena overhidrasi atau kelebihan cairan dalam tubuh.

Hal ini akan menyebabkan seseorang akan berkeringat secara berlebihan, dan orang yang mengalami overhidrasi harus melakukan operasi pengangkatan kelenjar keringat.

Jika Anda minum lebih banyak air dari yang Anda butuhkan, maka tubuh akan berkeringat untuk melepaskan diri dari kelebihan air, ujarnya.

Kelebihan air membuat anda insomnia

Saat tidur, otak akan melepaskan ADH untuk memperlambat fungsi ginjal dan menghentikan keinginan untuk buang air kecil.

Jika Anda minum 2 atau 3 gelas sebelum tidur, kandung kemih Anda akan terisi urine dan otak tidak akan melepaskan ADH, inilah yang membuat Anda terbangun di tengah malam karena ingin buang air kecil.

Setelah itu, Anda akan mengalami insomnia. Whiteley menyarankan agar tidak ada cairan yang masuk ke dalam tubuh selama 2 - 3 jam sebelum tidur.

Kelebihan air menyebabkan mati keracunan

Pada tahun 2008, Jacqueline Henson meninggal setelah minum 4 liter air hanya dalam waktu beberapa jam.

Saat itu, Ibu berusia 40 tahun ini sedang menjalani diet ketat.Peneliti British Dietetic Association, Frankie Phillips, mengatakan, minum terlalu banyak air akan menyebabkan keseimbangan kadar garam dalam tubuh akan terganggu.

Minum air dalam waktu singkat akan menyebabkan ginjal tidak bisa menampung kelebihan air dan darah, sehingga darah dan urine akan menjadi lebih encer dan kandungan garam rendah.

Normalnya kadar garam dalam sel darah dan tubuh jumlahnya sama, jika darah lebih encer akan menyebabkan sel otak membengkak sehingga akan menyebabkan tekanan di dalam tengkorak kepala dan berujung menjadi sakit kepala.
(De)
Komentar