Menyusui Dapat Mencegah Kanker Payudara

Kamis, 29 Oktober 2015 06:00
Menyusui Dapat Mencegah Kanker PayudaraIlustrasi menyusui @pojoksatu.id
Istilah Wanita yang sempurna dalah wanita yang sudah menikah dan memiliki anakakan lebihsempurna lagi jika bisa memberikan ASI eksklusif pada bayinya.Karena ASI adalah makanan pokok bagi bayi yang bisa meningkatkan fungsi otak dan tubuh.

Penelitian ini membuktikan bahwa, saat menyusui sang ibu telah memberikan jutaan mikroba baik pada bayi. Mikroba baik mempunyai manfaat yang luar biasa terutama pada pencernaan bayi.

"Kekuatan dan ketahanan sistem pencernaan bayi pada awal masa tumbuh kembangnya, bergantung pada asupan yang diterima," ujar salah satu peneliti di Jurusan Kesehatan di University of North Carolina.

Dilansir Times of India, Para peneliti mengamati kandungan mikrobiologi dalam perut bayi yang mengkonsumsi ASI dan susu formula.

Hasil penelitian menunjukkan bayi yang hanya menerima asupan ASI dari ibunya, memiliki sistem pencernaan yang lebih siapuntuk mencerna makanan, dibanding bayi yang kurang mendapatkan ASI dari bundanya," ujar Andrea Ascerate-Peril, salah seorang peneliti.

Ini membuktikan ASI sangat membantu pencernaan bayi untuk lebih siap mencerna makanan saat tumbuh besar nanti. Dengan pencernaan yang kuat, bayi akan tumbuh sehat dan resiko terkena gangguan penyakit atau gangguan pencernaan akan semakin kecil.

Menyusui juga memberikan manfaat kesehatan bagi sang ibu, karena menyusui adalah salah satu cara terbaik dan termurahuntuk mencegah munculnya sel kanker dalam payudara.

Saat menyusui, aliran darah di payudara akan lebih lancar, sehingga mengurangi resiko penyumbatan dan peradangan pembuluh darah yang bisa menyebabkan kanker.
(De)
Komentar