4 Cangkir Kopi Sehari Mampu Cegah Diabetes

Jum'at, 31 Desember 2010

Kabar gembira bagi para penikmat kopi. Banyak yang menilai kopi hanya memiliki dampak buruk bagi kesehatan karena kandungan kafeinnya, yang berpengaruh meningkatkan kadar gula. Ternyata hal itu salah, sebuah penelitian terbaru di Amerika Serikat. Selain bisa mengobati rasa kantuk, dua variates kopi juga bisa mencegah diabetes. Profesor Simin Liu, ketua peneliti, mengatakan, "Semua mitos tentang kopi ternyata salah."

"Semua mitos tentang kopi ternyata salah."

Para ilmuwan di Universitas California, Los Angeles, AS, menemukan bahwa minuman yang terbuat dari biji kopi (Coffea arabica dan Coffea canephora) dapat mencegah diabetes tipe dua yang diakibatkan oleh defisiensi sekresi insulin dilansir dari Liputan6.

Dalam penelitian, mereka memeriksa SHBG (sex hormone-binding globulin), hormon yang mengatur aktivitas testosteron dan estrogen. SHBG juga berperan meningkatkan kekebalan terhadap diabetes. Konsumsi kopi dapat meningkatkan hormon SHBG.

Penelitian ini melibatkan 40 ribu wanita yang mengonsumsi kopi. Hasilnya menunjukkan bahwa orang yang minum empat cangkir kopi per hari memiliki SHBG lebih tinggi ketimbang bukan peminum kopi. Selain itu, 56 persen dari para responden menunjukkan mereka terkena risiko diabetes lebih rendah dibandingkan yang tidak mengonsumsi kopi.

Komentar