7 Waktu Yang Tepat Untuk Minum Air Putih

Minggu, 11 Oktober 2015 08:00
7 Waktu Yang Tepat Untuk Minum Air PutihIlustrasi air minum @gulalives.com
Pentingnya air putih penting untuk diperhatikan, sebab air akan membuat tubuh Anda berfungsi sebagai mestinya. Air juga akan menghindarkan Anda dari dehidrasi yang bisa membuat Anda menderita penyakit kronis karena 70% bagian tubuh sendiri terdiri dari air.

Selain kuantitas air yang Anda minum, ternyata ada waktu-waktu tertentu pula yang harus Anda perhatikan untuk minum air putih. Dilansir dari indiatimes.co, berikut adalah daftarnya.

1. Saat bangun tidur pagi hari

Salah satu kebiasaan sehat yang harus diterapkan di pagi hari adalah minum air putih setidaknya 1-2 gelas. Kebiasaan ini bermanfaat untuk menghapus semua racun yang ada dalam sistem tubuh.

Dengan minum air putih, Anda juga bisa terhindar dari dehidrasi karena tidur semalaman. Agar air putih yang Anda minum lebih sehat, Anda bisa menambahkan berbagai macam ramuan sehat di dalamnya seperti lemon, madu, dan kayu manis.

Serta lebih baik lagi jika air yang Anda minum adalah air hangat.

2. Setengah jam sebelum makan

Menjalankan pola makan sehat mampu menjadi kunci utama agar berat badan turun dengan sehatnya.

Selain konsumsi banyak makanan sehat dan kaya serat, ternyata minum air putih setengah jam sebelum makan bisa membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Alasannya, air akan mengurangi rasa lapar Anda sehingga Anda dapat terhindar dari keinginan untuk makan secara berlebihan.

Selain alasan tersebut, minum air sebelum makan juga mampu mempersiapkan perut untuk mendapatkan kiriman makanan dari luar. Sehingga lambung dan usus menjadi tidak kaget saat menerima makanan.

3. Saat ingin ngemil

Ngemil menjadi hal yang sangat membahayakan untuk berat badan. Sebab jika ngemil dan tidak terkontrol, berat badan bisa naik secara drastis.

Salah satu solusi yang bisa dicoba agar tidak ngemil secara berlebihan adalah dengan minum air. Sebab sinyal tubuh yang kelaparan sangat mirip dengan sinyal saat kehausan.

Setelah minum air, tunggu sekitar 10 menit untuk memastikan apakah Anda memang benar-benar lapar atau haus. Sehingga jika setelah minum Anda merasa kenyang, maka Anda bisa terhindar dari acara ngemil yang tidak perlu.

4. Saat merasa lelah

Lelah dan letih adalah tanda dari kurangnya asupan air putih. Jadi Anda harus minum air putih. Sebagian besar otak yaitu sekitar 75% terdiri dari air dan hal ini berarti bahwa Anda harus memperhatikan konsumsi air agar terhindar dari dehidrasi yang bisa membuat merasa lelah.

Oleh karena itu selalu sediakan segelas air baik di meja kerja atau kemanapun Anda berada. Sehingga Anda bisa langsung minum saat merasa haus dan lelah.

5. Saat di siang hari

Disarankan untuk minum air putih sebanyak minimal 8 gelas dalam sehari. Dengan jumlah tersebut, ada teknik minum tersendiri yang bisa diterapkan.

Teknik pertama adalah minum lebih dari 4 gelas air pada siang hari. Sisanya bisa dilanjutkan di malam hari. Pembagian ini bertujuan agar Anda tidak sering kencing di malam hari saat tidur. Sebab jika sering kencing di waktu tidur, maka otomatis waktu tidur Anda akan terganggu.

6. Sebelum dan sesudah olahraga

Hal ini sangat penting untuk terhidrasi ketika Anda olahraga. Sebab tubuh Anda membutuhkan air untuk mengangkut semua nutrisi yang diperlukan untuk pergerakan otot.

Selain manfaat tersebut, minum banyak air juga penting untuk mencegah kelelahan selama olahraga. Sebab ketika olahraga, tubuh bekerja begitu keras dan Anda bisa dehidrasi jika tubuh tidak terhidrasi dengan baik.

7. Saat sakit, hamil, atau menyusui

Ketika sakit, sedang hamil, atau menyusui adalah beberapa momen yang tepat untuk menambah asupan cairan di dalam tubuh. Sebab aktivitas tersebut sangat menguras cadangan air dalam tubuh.

Ketika sakit, Anda butuh banyak air untuk memperbaiki sel dan menyembuhkan tubuh secara mandiri. Sedangkan saat hamil atau menyusui, air diperlukan untuk menggantikan cairan tubuh yang terserap.
(De)
Komentar