Pabrik di Jerman Bikin Permen dari Printer 3D

Sabtu, 03 Oktober 2015 13:50
Pabrik di Jerman Bikin Permen dari Printer 3DPermen dari mesin cetak 3D @psfk.com
Perusahaan gula-gula di Jerman, Katjes telah mengembangkan cara membuat makanan dari mesin cetak 3D. Yang terbaru, mereka membuat permen dari mesin canggih tersebut.

Sejauh ini, Katjes telah memiliki toko di distrik Mitte, Berlin yang menampilkan Magic Candy Factory, tempat para pencinta gula-gula. Semua kalangan bisa memilih contoh rancangan 3D yang antara lain meliputi permen berbentuk huruf atau bahkan binatang.

Direktur Magic Katjes UK, Melissa Snover mengatakan, "Permen adalah media sempurna untuk membawa konsep yang sangat keren ini ke pelanggan dengan cara bersahabat dan menyenangkan."

"Magic Candy Factory fokus pada ide bahwa ilmu pengetahuan benar-benar ajaib dan jika memandangnya demikian dan fokus pada kemampuan menakjubkannya untuk mencipta, dan bukan sisi dingin teknologi, maka kita bisa memberi pengalaman luar biasa kepada pelanggan dan mulai melakukan pemanasan untuk makanan cetak 3D," lanjutnya.

Hanya dengan memafaatkan satu tablet, pembeli bisa memilih beragam desain dan rasa permen yang mereka inginkan. Pembeli akan menandai deretan campuran adonan permen buah panas untuk membuat produk 3D sesuai keinginan.

"Campuran adonan permen buah panas ditransmisikan via pipa pancar baris per baris, membuat satu bentuk atau kata. Karena adonan permen buat cepat kering, kita bisa menaruh satu lapisan di atas yang lain. Begitulah cara kita mendapat efek 3D," ujar Stephanie Speckmann dari bagian hubungan publik Ketjes.

"secara tradisional dalam waktu lama. Tapi salah satu batasannya adalah bahwa kau tidak bisa benar-benar membuat sesuatu kecuali mau membuat jutaan," lanjut Stephanie.

Pembuat permen dari mesin cetak 3D ini diharapkan akan menjadi unggulan tersendiri perusahaannya karena pembeli bisa lebih mudah menentukan permen yang mereka inginkan.

Stephanie menambahkan, "Magic Candy Factory memungkinkan kita membuat permen berbeda sesuai selera kita setiap waktu jadi setiap pembeli keluar dengan permen yang benar-benar mereka inginkan. Bagi saya, itu mimpi jadi kenyataan, itu tempat inspirasi datang."

Ketjes telah merilis 14 rancangan bentuk permen yang dijual mulai dari Rp 81.000. Sementara permen bentuk kata atau nama dijual sekitar Rp 160.000.

Selain di Berlin, Ketjes rencananya akan memperluas wilayah Magic Candy Factory ke kota-kota lain di Eropa, demikian dilansir Reuters.

(mks)
Komentar