Nonton TV Bikin Mati Muda

Kamis, 08 Oktober 2015 09:00
Nonton TV Bikin Mati MudaIlustrasi nonton tv @beritasatu.com
Menonton TV berjam-jam kadang memang tidak terasa. Bahkan banyak sekali yang sampai ketiduran. Sepintas tidak terlihat efek yang membahayakan dari menonton TV di rumah.

Namun sebuah penelitian di Australia yang menemukan bahwa nonton TV bisa membuat Anda berisiko tinggi untuk mati muda. Disebutkan bahwa kebiasaan menonton TV terlalu lama sanggup memendekkan umur sebanyak 21 menit.

Selain itu, mereka yang menonton TV lebih dari 4 jam setiap harinya memiliki umur yang lebih pendek hingga 4-6 tahun dibandingkan dengan orang yang menonton TV kurang dari 4 jam. Lalu, apa yang menyebabkan hal ini terjadi?

"Saat Anda menonton TV, Anda pasti akan duduk diam dalam waktu yang lama. Kebiasaan ini akan membuat seluruh sistem dan metabolisme terganggu. Sama seperti dengan mesin yang akan menjadi rusak akibat terlalu lama diam, begitu pula dengan tubuh Anda. Dan ketika seluruh sistem ini terganggu, maka penyakit kronis yang memperpendek usia cepat berdatangan," terang penelitian ini.

"Efek buruk ini ternyata juga tidak hanya terjadi karena menonton TV saja. Sebab terlalu lama duduk diam saat bekerja atau menyetir juga memiliki efek mengerikan yang sama."
(De)
Komentar