Sejak Kapan Anak Perlu Dapat Pendidikan Seks?

Sabtu, 03 Oktober 2015 07:00
Sejak Kapan Anak Perlu Dapat Pendidikan Seks?Ilustrasi ibu dan anak @elhawanem.com
Sempat terjadi perselisihan antar orangtua, psikolog, dan pendidikan mengenai usia yang pas untuk anak mendapatkan pendidikan tentang seks.

Melihat semakin maraknya pelecehan seksual yang menimpa anak-anak, semakin awal mereka diajarkan tentang pendidikan seks tentu semakin baik.

Psikolog dari Mumbai, India, Jenta Mehta mengatakan, semakin tua usia seorang anak, orangtua dapat mengajaknya berbicara tentang seks secara menyeluruh. Praktik seksual yang aman seperti apa, dan apa pentingnya penggunaan kontrasepsi.

Jenta Mehta dan banyak ahli lainnya menyarankan agar orangtua memutar seluruh memori di otaknya, mengingat pengalaman apa saja yang mereka rasakan saat tumbuh dewasa, munculnya masalah cinta tubuh, membedakan perasaan cinta dan nafsu, serta pertama kali masturbasi dan tidak pede dengan ukuran genital.

"Di rumah, pendidikan seks dimulai ketika anak Anda menunjuk ke kemaluannya dan melontarkan pertanyaan `Apa ini?` Sejak saat itu hati-hati berbagi segala informasi tentang seks," kata Jenta dikutip dari situs Times of India, Jumat (2/10/2015).
(De)
Komentar