Transition Cafe Sajikan Menu Sehat Dari Makanan Sisa

Senin, 21 September 2015 13:00
Transition Cafe Sajikan Menu Sehat Dari Makanan SisaTransition Cafe @www.transitionbrogwaun.org.uk
Saat ini bisnis kuliner merupakan salah satu industri yang paling berpotensi untuk meraih keuntungan. Namun tak hanya berpotensi meraih keuntungan, bisnis ini juga memiliki potensi memproduksi limbah makanan.

Hal ini menjadi sumber inspirasi organisasi pecinta lingkungan Transition Bro Gwaun untuk mendirikan Transition Cafe. Yang berlokasi di Fishguard, Pembrokeshire, Inggris merupakan bagian dari proyek reuse-reduce-recycle.

Kafe ini menyajikan santapan sehat dan ekonomis dari makanan sisa dengan kebersihan yang tak perlu dikhawatirkan, karena kafe ini sudah mendapatkan sertifikat kebersihan dengan nilai tertinggi dari Environmental Health.

Transition Cafe mengumpulkan kelebihan makanan yang tak terpakai dari sejumlah restoran dan toko bahan pangan lokal. Bahan makanan berupa sayur, buah, susu, roti, dan daging segar itu dikumpulkan setiap hari oleh 30 relawan. Jarak pemasok bahan makanan dan kafe tak boleh lebih dari 4 mil, agar bahan makanan tetap terjaga kualitasnya dan bisa segera diolah kembali.

Uniknya, menu makanan di kafe ini berubah setiap hari. Sebab bahan makanan yang berhasil dikumpulkan para relawan setiap hari tak pernah sama. Jadi para koki di Transition Cafe harus pintar-pintar mencari cara untuk mengolah setiap bahan yang dibawakan ke dapur.

Tujuan utama kafe ini sebenarnya adalah pelestarian lingkungan dengan mengurangi emisi karbon yang terjadi jika makanan dibuang ke tempat sampah. Seperti yang tertulis dalam situs resmi Transition Bro Gwaun, kafe ini mengklaim kalau mereka berhasil mencegah 100 kilogram emisi karbon setiap minggu selama 6 bulan pertama beroperasi.
(De)
Komentar