Divonis 30 Tahun, Gayus Tambunan Malah Santai di Restoran

Senin, 21 September 2015 09:30
Divonis 30 Tahun, Gayus Tambunan Malah Santai di RestoranTerpidana korupsi pajak Gayus Tambunan @detik.com

Foto terpidana kasus pengemplang pajak, Gayus Tambunan yang sedang berada di restoran membuat heboh sosial media.

Gambar Gayus di restoran di Jakarta itu diposting oleh pemilik akun Facebook, Baskoro Endrawan pada 19 September kemarin. Dalam foto itu, Gayus menggunakan topi, berkaos biru dan celana jins. Dia bersama dua orang lain yang wajahnya disamarkan. Gayus juga sadar difoto, dia pun menyunggingkan senyuman.

Padahal, seharusnya Gayus kini berada di Lapas Sukamiskin, Bandung karena beragam kasus penggelapan pajak yang dia lakukan. Alhasil, Gayus divonis 30 tahun penjara.

"Ada yang tahu Gayus Tambunan dimana? Konon sih di vonis 30 tahun penjara. Last seen 9 Mei 2015 di sebuah bilangan resto di Jakarta sedang haha-hihi. Foto wanita saya blurred atas dasar nama baik, tapi gak dengan Gayus Tambunan," tulis Baskoro Endrawan di akun Facebook-nya.

Terkait foto Gayus di luar lapas yang menghebohkan itu, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) Kementerian Hukum dan HAM menyatakan bahwa ada beberapa kemungkinan Gayus bisa berada di luar tahanan.

"Beberapa kemungkinan warga binaan bisa berada di luar lapas, sebagaimana diatur dalam PP 32 tahun 1999 yaitu saat menjalani asimilasi, dan ijin dengan alasan luar biasa seperti menghadiri keluarga yang meninggal dunia atau sakit parah, menjadi wali nikah dan ijin untuk pembagian waris," kata Kepala Divisi Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Akbar Hadi.

Menurut Akbar, ada juga kemungkinan Gayus berada di luar lapas saat setelah sidang.

"Kalau itu infonya, bisa saja. Karena ketika yang bersangkutan keluar lapas untuk menjalani sidang, maka ada berita acara penyerahan tanggung jawab," jelasnya.

Untuk diketahui, Gayus diganjar 30 tahun penjara setelah MA menolak PK mantan pegawai pajak itu. terkait putusan itu, Kejaksaan menegaskan bahwa Gayus tak mungkin menjalani hukuman badan lebih dari 20 tahun penjara.

Berikut hukuman yang diterima Gayus:

1. Kasus pajak PT Surya Alam Tunggal Sidoarjo, Gayus dihukum 12 tahun penjara karena menyuap penyidik, hakim dan merekayasa laporan pajak.

2. Gayus dihukum dalam kasus penggelapan pajak PT Megah Citra Raya dan divonis 8 tahun penjara

3. Gayus Tambunan dihukum 2 tahun penjara dalam kasus pemalsuan paspor yang digunakan untuk jalan-jalan ke luar negeri.

4. Gayus dihukum 8 tahun penjara dalam kasus pencucian uang dan penyuapan penjaga tahanan. Total hukuman Gayus yaitu 30 tahun penjara. Demikian dilansir dari berbagai sumber.

(Nay)
Komentar