Komputer Bisa Prediksi Kematian Manusia

Rabu, 16 September 2015 14:00
Komputer Bisa Prediksi Kematian ManusiaDr Steve Horng @huffingtonpost.co.uk
Teknologi yang semakin canggih di era modern ini membuat hal yang mustahil menjadi mungkin, seperti yang dilakukan oleh tim dokter asal Amerika Serikat ini. Mereka mengembangkan komputer yang dapat memprediksi kematian manusia dengan akurasi hampir sempurna.

Lebih lanjut dikatakan jika komputer canggih itu memiliki kemampuan mengetahui penyakit lebih baik dari dokter. Komputer ini kabarnya telah digunakan oleh beberapa pasien di The Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston.

Komputer ini telah diisi informasi tentang 250.000 orang dari 30 tahun terakhir, sehingga dapat digunakan untuk mendiagnosis penyakit secara cepat, demikian dilansir Mirror, Rabu (16/9/2015).

Dengan diagnosis yang cepat itulah komputer ini berperan penting untuk menentukan sikap dokter agar menangani pasien dengan cepat dan tepat pula.

Proyek ini tujuannya adalah bukan menggantikan peran dokter, melainkan hanya membantu mempercepat tugas dokter, demikian ujar Dr Steve Horng.

Ia mengatakan, "Peran artificial intelliegence dalam komputer ini hanya merupakan dukungan untuk dokter dalam menangani masalah pasien."

Kemampuan lain dari komputer ini adalah bisa mengumpulkan data pasien setiap tiga menit. Data tersebut diperoleh dari mengukur kapasitas oksigen, tekanan darah, serta lainnya yang kemudian data itu dikirim ke dokter untuk diketahui lebih lanjut guna mengambil tindakan kepada pasien.

Dr Horng menambahkan bahwa komputer ini bisa memprediksi kemungkinan seorang sekarat mencapai 96 persen. Komputer ini bahkan akan mengatakan jika pasien akan meninggal pada kondisi tertentu, meski waktunya tidak bisa ditentukan.

(mks)
Komentar