Tips Memperkuat Daya Ingat Otak

Kamis, 20 Agustus 2015 07:00
Tips Memperkuat  Daya Ingat OtakIlustrasi Daya Ingat @www.deherba.com
Setiap orang ingin agar ingatan mereka tidak pernah hilang atau sering mengalami lupa. Misal, ketika mendengarkan pelajaran di kelas saat guru menjelaskan seolah-olah kita telah mengingatnya dengan baik. Namun, saat mengerjakan ulangan harian justru kita tidak mengingnya dengan baik.

Atau bahkan justru hal-hal kecil seperti kunci, headphone, atau dompet juga kita lupakan. Ini adalah salah satu masalah yang harus cepat ditangani.

Berikut tips untuk mempertajam ingatan seperti yang dilansir dari Prevention, Selasa (18/8):

Fokus Bacaan

Fokuslah pada satu tugas dalam satu waktu untuk menyimpan ingatan lebih baik dari masing-masing yang Anda ingin ketahui. Sebab, Ketika banyak tugas, otak beralih pengolahan ke daerah lain yang mempertahankan detail lebih sedikit. Jadi jangan mendengarkan berita sambil membaca majalah agar tidak mengganggu kemampuan daya ingat.

Kontrol Kolesterol Anda

Penumpukan plak yang disebabkan oleh kolesterol tinggi tidak hanya merusak pembuluh darah jantung, tetapi penyumbatan pembuluh darah di otak juga bisa menghilangkan nutrisi berharga dan masalah memori isyarat. Jadi betapa pentingnya Anda menjaga kadar kolesterol untuk mempertajam ingatan.

Periksa Obat-obatan untuk Otak

Banyak obat dapat memengaruhi memori otak. Pasalnya kandungan obat dapat bertahan lama di dalam sistem. Obat-obatan dapat menyebabkan penyimpangan memori termasuk antidepresan, obat anti-kecemasan, beta-blocker, kemoterapi, obat Parkinson, obat tidur, obat penghilang rasa sakit, antihistamin, dan statin.

Mengonsumsi Anggur Merah

Anggur merah mengandung resveratrol senyawa, yang dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer. Kemampuannya untuk menurunkan kadar kolesterol juga membantu mencegah penumpukan plak di seluruh tubuh, termasuk otak.

Makan Apel Sehari

Untuk menjaga saraf, Apel memiliki antioksidan yang cukup untuk meningkatkan kadar asetilkolin, yang merupakan neurotransmitter penting untuk memori. Antioksidan yang sama juga dapat melindungi otak dari radikal bebas berbahaya.
(De)
Komentar