Sering Galau Bikin Cepat Mati

Jum'at, 12 Juni 2015 16:30
Sering Galau Bikin Cepat MatiIlustrasi @binfind.com
Jika Anda adalah orang yang sering galau, sebaiknya Anda berhati-hati. Dikatakan dalam sebuah studi jika galau yang dirasakan seseorang bisa berhubungan dengan kepuasan hidup mereka.

Dalam penelitian tersebut juga disebutkan bahwa banyak orang yang merasa susah untuk menyesuaikan diri dengan kondisi menyedihkan yang mereka alami, mereka tidak menyadari jika galau sejatinya bisa merugikan umur.

Studi yang dilakukan di AS tersebut menunjukkan bahwa kepuasan hidup yang lebih besar pada orang dewasa yang berusia lebih dari 50 tahun mampu menurunkan risiko kematian, demikian dilansir Times of India.

Julia Boehm, asisten profesor psikologi di Chapman University mengatakan, "Meskipun kepuasan hidup biasanya dianggap relatif konsisten sepanjang waktu, itu bisa berubah dalam menanggapi keadaan hidup seperti perceraian atau pengangguran."

"Beberapa orang mungkin lebih mudah beradaptasi dengan situasi baru dan dengan memiliki kepuasan hidup yang relatif stabil, namun banyak pula orang yang tidak bisa beradaptasi dengan cepat," tambahnya.

Tingkat kepuasan hidup dikatakan dalam penelitian tersebut sangat erat kaitannya dengan risiko kematian. Namun hal itu terjadi pada orang yang sering merasakan ketidakbahagiaan.

Penelitian ini sedikitnya melibatkan 4.500 peserta yang dipantau selama sembilan tahun. Para peneliti menanyakan kepada peserta terkait kepuasan hidup mereka setiap tahun.

Dari hasil penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science tersebut menunjukkan jika orang yang memiliki tingkat kepuasan yang tinggi mengalami penurunan risiko kematian hingga 18 persen.

Sementara mereka yang sering galau, dalam artian tidak begitu puas dengan kehidupan mereka justru meningkatkan risiko kematian hingga 20 persen.
(mks)
Komentar