Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

Jum'at, 05 Juni 2015 19:30
Mengatasi Bau Mulut Saat PuasaIlustrasi @faridaisrail.com
Umat Muslim di seluruh dunia sebentar lagi akan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Mereka akan melakukan kewajiban sebagai umat Islam dengan melakukan ibadah berpuasa.

Namun dalam menjalani puasa tersebut, banyak orang yang mengalami masalah bau mulut yang berlebih hingga membuat mereka tidak nyaman.

Dalam berpuasa, bau mulut memang menjadi salah satu tantangan utama yang dihadapi jika ingin melakukan ibadah yang benar dan tetap memiliki produktifitas yang stabil.

Tidak hanya menimbulkan ketidaknyamanan bagi diri sendiri, saat melakukan interaksi dengan orang lain tentu bau mulut merupakan masalah besar.

Dr. Rizal Al Idrus, seorang ahli nutrisi mengatakan jika bau mulut disebabkan kondisi gigi dan mulut seperti kondisi gigi berlubang, karang gigi, atau kebersihan mulut yang kurang, hingga bisa juga karena mulut kering.

Selain itu, bau mulut juga bisa keluar dari bawah mulut, yakni gas pada lambung dan pengonsumsian jenis makanan yang salah. Untuk mengatasi bau mulut yang berlebih, menjaga kebersihan gigi secara optimal ke dokter gigi secara berkala merupakan cara yang paling efektif.

Di samping itu dr. Rizal mengatakan "Makan lebih banyak sayuran dan hindari makanan yang megandung gas serta lemak berlebih."

Untuk meredakan bau mulut secara maksimal, Anda juga bisa menggunakan obat kumur. Hal itu karena saat Anda melakukan sikat gigi, sisa makanan yang tertinggal di mulut masih saja bisa terjadi. Sehingga dengan menggunakan obat kumur dapat dipastikan kondisi mulut dalam keadaan bersih.
(mks)
Komentar