Makan Durian Sambil Minum Coca-Cola Bisa Mati?

Jum'at, 05 Juni 2015 19:00
Makan Durian Sambil Minum Coca-Cola Bisa Mati?Turis Tiongkok di Thailand dilaporkan tewas akibat makan durian campur soda @asiaone.com

Netizen geger dengan kabar viral yang menyebut bahaya menyantap buah durian sambil minum Coca-Cola, kopi atau susu.

Kasus tragis bahkan menimpa seorang pria Tiongkok yang sedang berlibur ke Thailand. Disebutkan, turis 28 tahun itu tewas akibat reaksi kimia di tubuhnya setelah makan durian lalu meminum Coca-Cola botol kalengan.

Kabar itu pertama kali disampaikan oleh akun Facebook Kim-Siang Ng, dia menyebutkan, campuran durian dan minuman bersoda lebih mematikan dari racun ular kobra. Ng juga mewanti-wanti agar tidak minum minuman bersoda, atau minuman lain dengan kadar kafein tinggi selama 8 jam setelah makan durian.

Berdasarkan laporan tersebut, turis malang itu tewas akibat gagal jantung, tekanan darahnya meningkat setelah terkontaminasi kafein.

Sebuah riset yang dilakukan University of Tsukuba oleh John Maninang dan Hiroshi Gemma menunjukan kemungkinan kematian itu sulit terjadi. Buah durian pada dasarnya mempunyai kandungan sulfur tinggi yang bisa merusak aktivitas enzim yang membantu membersihkan racun di dalam tubuh hingga 70 persen.

Dari laporan itu disimpulkan, zat beracun gagal dibersihkan sebab enzim mengalami gangguan karena kadar sulfur dari buah durian yang masuk ke dalam sistem pencernaan. Akibatnya, bisa menimbulkan gangguan pencernaan, kembung, dan rasa tidak nyaman karena hati perlu mengerahkan usaha lebih untuk mencerna durian.

Temuan durian berbahaya sebelumnya juga dilaporkan di Malaysia. Namun kali ini menggunakan zat pewarna tekstil. Diberitakan, durian palsu sengaja diberi warna kuning dari pewarna tekstil supaya lebih menarik.

Durian itu diklaim berbahaya, sebab mengandung racun dan bisa menyebabkan serangan asma, menyebabkan mutasi genetik, kanker dan alergi. Demikian dilansir dari thedailypedia.com, Kamis (4/6).

(Nay)
Komentar