Efek Sanksi FIFA, Persipura Jayapura Bubar!

Jum'at, 05 Juni 2015 15:45
Efek Sanksi FIFA, Persipura Jayapura Bubar!Persipura Jayapura dibubarkan, Jumat (5/6) @detik.com

Satu demi satu masalah dari efek domino sanksi FIFA terhadap PSSI kembali bermunculan. Kali ini Persipura Jayapura menyatakan diri dibubarkan hari ini, Jumat (5/6).

"Hari ini saya tegaskan tim Persipura dibubarkan hari ini, jam ini, dan detik ini," ujar Ketua Umum Persipura Jayapura, Benhur Tomy Mano didampingi, Manajer Persipura, Rudi Maswi dan Sekertaris Umum Persipura Roky Babena kepada wartawan di Hotel Grand Abe Jayapura, pukul 11.00 WIT.

Tak ayal wartawan yang hadir langsung tersentak kaget. "Dengan sedih saya bubarkan ini,"ujarnya dengan nada sedih.

Dia mengatakan, pembubaran tim belum diketahui para pemainnya. "Nanti tugas manajer yang menyampaikan ini,"ujarnya.

Atas pembubaran tersebut, otomatis semua jadwal kegiatan batal diikuti Persipura.

Mano menuding kegagalan Persipura bertandang ke laga AFC menjadi tanggung jawab Menpora, Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) dan imigrasi. "Mereka harus bertanggung jawab, "ujarnya.

Dia juga menegaskan, jangan ada ancaman apapun pada Persipura. "Jangan ancam-ancam Persipura dengan gertakan atau sanksi. Kami selalu berada di bawah naungan statuta FIFA dan PSSI. Dan kami selalu bermain mengharumkan bangsa ini," ujarnya.

Sebelumnya, persepakbolaan tanah air terancam mati suri setelah PSSI dibekukan oleh FIFA. Kondisi itu tak lepas dari pembekuan PSSI oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kempora).

Pembekuan itu diumumkan pada pertemuan Komite Eksekutif FIFA yang berlangsung di Zurich, Sabtu (30/5) dan berlaku sampai waktu yang tidak ditentukan.

Dengan sanksi ini, Indonesia dilarang mengikuti semua program FIFA. Namun, Timnas Merah Putih masih diizinkan mengikuti i SEA Games dengan pertimbangan kompetisi sudah terlanjur berlangsung. Keputusan ini sekaligus menjadi kado penutup yang buruk bagi Persipura sebab gagal berlaga di AFC dan menghadapi Pahang FA.

(Nay)
Komentar