10 Manfaat Puasa dari Segi Kesehatan

Kamis, 04 Juni 2015 18:00
10 Manfaat Puasa dari Segi KesehatanIlustrasi @truthortradition.com
Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba, umat Muslim di seluruh dunia menyambut gembira dengan melaksanakan kewajibannya, yakni berpuasa. Selain itu memang diwajibkan dalam ajaran Islam, berpuasa sejatinya mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Melakukan kegiatan puasa bisa mengistirahatkan lambung yang selalu bekerja keras setiap hari. Selain mengistirahatkan lambung, berpuasa dapat meningkatkan kesehatan, baik kesehatan jantung dan bahkan mengurangi risiko kanker, demikian seperti yang dihimpun dari beberapa hasil penelitian.

Puasa bukan hanya dilakukan bagi masyarakat yang beragama Islam, hampir semua umat beragama memiliki ritual untuk menjalankan puasa. Dalam sebuah penelitian juga dikatakan jika seseorang yang berpuasa dalam waktu satu bulan bisa memperbaiki dan meremajakan kembali tubuh. Risiko terserang diabetes dan tekanan darah tinggi juga bisa dihindari dengan melakukan puasa diluar Ramadhan.

Dilansir dari Boldsky, berikut beberapa manfaat lain dari puasa.

Meningkatkan Kinerja Otak

Puasa meningkatkan produksi protein yang disebut sebagai faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF). Hal itu dapat membantu pembentukan sel-sel otak baru dan meningkatkan kesehatan otak dengan sekresi bahan kimia lainnya di otak. Selain itu, puasa juga mengurangi risiko Parkinson dan penyakit Alzheimer.

Meningkatkan Kesehatan Hati

Organ utama metabolisme tersebut berfungsi mengeluarkan semua racun dalam tubuh melalui urin. Puasa memberikan istirahat organ hati untuk memperbaiki dan meremajakan fungsinya, karena selama tidak berpuasa, hati akan terbebani dengan metabolit yang beracun.

Mencegah Penuaan Dini

Puasa dapat merangsang produksi hormon pertumbuhan dalam tubuh, demikian dikatakan oleh sebuah hasil penelitian. Hal itu membuat tubuh agar tetap fit dan bisa memperlambat proses penuaan.

Mencegah Kanker

Kerusakan oksidatif pada sel-sel dan asam nukleat akan dapat dicegah dengan melakukan puasa, oleh karena itu orang yang berpuasa dapat mengurangi risiko terserang kanker. Tingkat energi dalam tubuh bahkan akan meningkat, selain itu hal tersebut juga bisa memperlambat proses penuaan dan menjadikan Anda terlihat awet muda.

Mengurangi Risiko Diabetes

Penyebab utama penyakit diabetes sebenarnya adalah karena adanya resistensi insulin, Insulin tersebut tidak bekerja dengan baik dalam membawa glukosa ke sel.

Kebanyakan resistensi insulin ini adalah disebabkan oleh obesitas. Sementara dengan berpuasa, seseorang akan bisa menurunkan resistensi insulin, sehingga kelebihan glukosa dalam darah bisa terhapus.

Menghancurkan Lemak

Dengan melakukan puasa, bobot tubuh akan semakin berkurang karena puasa memang bisa menghancurkan lemah di dalam tubuh. Dengan puasa tubuh akan memunculkan hormon pembakar lemak, HGH. Lemak yang ada dalam tubuh tidak akan bisa terbakar tanpa puasa, hal itu dikarenakan tubuh akan terlebih dahulu memecah cadangan glukosa dan kemudian lemak.

Menekan Rasa Lapar

Tingkat produksi hormon ghrelin yang memicu lapar dapat diatur dengan kita melakukan puasa. Setelah berpuasa selama beberapa hari, maka Anda tidak akan merasakan lapar. Kalori ekstra akan dengan sendirinya hilang karena Anda sering mengalami lapar, serhingga tubuh terbiasa dengan kondisi tersebut dan secara otomatis akan menjaga berat badan secara sehat.

Detoksifikasi

Puasa menghilangkan radikal bebas dari tubuh dan menebang risiko penyakit serius. Karena diketahui jika puasa membantu penghapusan akumulasi racun dalam tubuh yang dapat menyebabkan banyak kerusakan organ-organ tubuh.

Terhindar dari Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Trigliserida dari tubuh akan terhapus, bahkan tingkat kolesterol yang tidak baik akan terhapus jika seseorang melakukan puasa. Hati sejatinya bisa rusak dengan pengerasan pembuluh darah, namun ketika puasa penyakit hati dan jantung bisa tercegah.

Meningkatkan Kesehatan Spiritual

Beragam penyakit tidak semuanya bisa disembuhkan dengan obat. Kesehatan spiritual juga tidak jarang bisa mengobati jiwa atau raga yang sakit. Tubuh dan pikiran akan istirahat dan santai dengan melakukan puasa. Kesehatan fisik akan meningkat jika kesehatan mental juga baik.
(mks)
Komentar