Kenali Karakter Seseorang Lewat Status Facebook

Selasa, 02 Juni 2015 13:00
Kenali Karakter Seseorang Lewat Status FacebookFacebook @gadgets.ndtv.com
Kepribadian seseorang ternyata bisa dilihat dari status yang ditulis di akun media sosial miliknya. Hal itu diketahui dari hasil sebuah studi yang dilakukan oleh seorang peneliti di Brunel University, London.

Jenis status dapat memberikan tanda kepribadian seseorang, demikian dikatakan oleh sang peneliti. Peneliti juga mengetahui jika banyak pengguna Facebook suka memasang foto yang menggambarkan kehidupan romantis.

Terkadang pengguna Facebook juga kerap membuat status yang bersifat narsis terkait pencapaian hidup dan status tentang penghargaan diri yang rendah.

Dari berbagai status Facebook yang ditemukan, pengguna media sosial tersebut bisa dikelompokkan menjadi lima kepribadian, yakni neuroticism, extroversion, terbuka, ramah, dan sangat berhati-hati.

Sang peneliti dalam studi ini setidaknya melibatkan 555 responden secara online. Orang-orang ini merupakan pengguna aktif sosial media Facebook. Tingkat penghargaan diri dan narsisme juga ikut dinilai dalam studi tersebut.

Peneliti menyimpulkan jika pengguna Facebook yang suka menulis tentang orang-orang terdekat dan hubungan romantis memiliki tingkat penghargaan diri yang rendah. Sedangkan orang-orang yang narsis cenderung mengedepankan status mereka tentang prestasi yang telai berhasil dicapai, dengan tujuan agar mendapat lebih banyak likes dan komentar.

Orang yang narsis memang diketahui selalu menginginkan pangakuan lebih banyak dari pengguna Facebook pada umumnya.

Dr. Tara Marshall, pemimpin penelitian dan dosen psikologi di Brunel University London mengatakan, "Namun penting untuk memahami alasan seseorang menulis topik tertentu dengan tujuan mendapatkan likes dan komentar. Orang-orang yang menerima banyak likes dan komentar cenderung merasakan dirinya terlibat dalam kehidupan sosial, sedangkan yang tidak mendapatkannya akan merasa dikucilkan."

Untuk orang-orang yang suka membagikan status yang bersifat intelektual ditemukan pada orang yang memiliki karakter terbuka. Pengguna Facebook yang berkepribadian extrovert kerap kali menulis status tentang kegiatan sosial dan kehidupan sehari-hari.

Meski demikian, seseorang yang narsis tidak dapat disimpulkan dengan mudah. Para peneliti mengatakan jika predikat narsis tersebut memerlukan diagnosis yang lebih kompleks.

Namun setidaknya dari status Facebook tersebut, kita bisa mengetahui beberapa kemungkinan seseorang yang memiliki sifat narsis.
(mks)
Komentar