7 Aksi Heroik Bule Bela Muslim

Selasa, 02 Juni 2015 10:00
7 Aksi Heroik Bule Bela MuslimWarga barat pada dasarnya akrab dengan warga Muslim @orange.co.uk

Budaya barat sering dikonotasikan tidak bersahabat dengan berbagai hal berkaitan dengan Muslim. Kecenderungan itu semakin meningkat setelah insiden 9/11 yang dilakukan oleh Osama Bin Laden di menara kembar WTC.

Kondisi ini semakin diperparah dengan agresi militer Amerika ke Irak pada era presiden George W Bush. Saat itu Bush beralasan menggelar operasi pencarian senjata pemusnah massal yang hingga kini tak jelas juntrungannya.

Hubungan kedua negara tersebut kian diperparah dengan masifnya pemberitaan yang dikuasai barat, dan dinilai kaum Muslim sering menyudutkan Islam sebagai agama kekerasan. Masih segar insiden penyerangan kantor redaksi Charlie Hebdo awal tahun ini.

Saat itu 12 orang dilaporkan tewas, termasuk pimpinan redaksi dari majalah yang sering memasang karikatur Nabi Muhamamad sebagai cover depan tersebut. Kelompok ekstremis muslim mengklaim sebagai dalang penyerangan.

Meski di setiap pemberitaan sering dibenturkan antara Muslim yang didiskriminasi barat, namun, terlepas dari perbedaan budaya, politik dan keyakinan, sebagai manusia, tiap-tiap individu pda hakikatnya menghendaki hal yang sama, yakni hidup berdampingan tanpa adanya gesekan horizontal.

Tak jarang warga bule justru berbuat heroik, melawan arus membela warga muslim minoritas di negaranya. Tak hanya di Amerika, warga bule Eropa pun melakukan hal serupa, mereka membantu atas dasar kemanusiaan tanpa memandang latar belakang agama atau ras tertentu. Berikut ini ulasannya.

(Nay)
Komentar