Serius, Dijilat Kucing Sebabkan Mata Buta

Senin, 01 Juni 2015 21:00
Serius, Dijilat Kucing Sebabkan Mata ButaMulut kucing mengandung virus penyebab buta mata manusia @cnn.com

Bagi pecinta binatang kucing, informasi ini bisa menjadi hal berharga. Seorang perempuan mengalami infeksi pada matanya gara-gara dijilat seekor kucing.

Wanita bernama Janese Walter itu terkena infeksi cat scratch disease (CSD) di mata kirinya. Alhasil, Janese yang berasal dari Ohio, AS itupun buta.

Semula dia mengira hanya sakit mata biasa, namun, dokter yang memeriksanya menemukan fakta mengerikan. Dia tertular virus yang berasal dari jilatan lidah kucing.

"Apa pun yang terpapar mulut kucing, termasuk jika Anda punya luka kecil yang dijilat kucing, bisa menyebabkan infeksi pada manusia," ujar dokter Kris Brickman.

Bahaya virus dari mulut kucing itu tidak main-main. CSD bisa menyebabkan infeksi pada otak, mata, jantung, atau organ dalam lainnya.

Diperlukan penangangan medis khusus untuk menangani infeksi tersebut. Terlebih jika menyerang balita sebab masih memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Dokter menambahkan, memang tidak masalah bermain dengan kucing, namun tentu harus waspada dan dengan batasan tertentu.Setelah berinteraksi dengan kucing, biasakan mencuci dengan sabun sebab 40 persen kucing membawa virus pemicu CSD.

"Jangan biarkan kucing menjilat luka terbuka di tubuh dan hindari digigit kucing," tuturnya.

(Nay)
Komentar