4 Fitur Baru Pada Android M

Sabtu, 30 Mei 2015 15:15
4 Fitur Baru Pada Android MFitur baru Android M @bgr.in
Informasi resmi terkait sistem operasi terbaru Google dengan nama kode Android M terungkap pada ajang konferensi tahunan, Google I/O 2015 yang diselenggarakan di San Frasisco, AS belum lama ini.

Dave Burke, VP of Engineering Goole ini menjadi pembicara saat sesi Android M Developer Preview dalam acara tersebut. Ia mengatakan beberapa fitur terbaru yang bakal dihadirkan pada sistem operasi tersebut.

Dave menjelaskan jika dengan hadirnya Android M ini akan meningkatkan core user experience, Android M juga diklaim akan menjadi sistem operasi Android yang mengusung Product Exellence.

Ia mengatakan, "Kami bekerja keras untuk bisa menghadirkan sistem operasi Android terbaik dari yang terbaik."

Pada kesempatan tersebut, Android M memang tidak diluncurkan atau diperlihatkan secara keseluruhan. Android M sendiri dikatakan masih dalam pengembangan lebih lanjut. Bahkan Google tidak mengumumkan nama resmi sistem operasi terbarunya itu seperti spekulasi dari banyak kalangan sebelumnya.

Namun rencananya Android M akan diluncurkan dalam waktu dekat pada bulan Juni dan Juli mendatang di preview kedua dan ketiga.

Berikut beberapa fitur dan tools yang diperkenalkan dalam ajang preview pertama tersebut.

Android Pay & Fingerprint Support

Setelah menghadirkan fitur Near Field Communications (NFC) di Gingerbread dan Host Card Emulation di Kitkat untuk mengembangkan fitur Android Pay, kini di Android M pengguna kembali diyakinkan dengan keamanam dan kemudahan yang meningkat saat menggunakan perangkat Android-nya untuk melakukan proses pembayaran.

Selain itu Android M dilengkapi dengan fitur fingerprint yang memungkinkan pengguna lebih mudah melakukan transaksi Android Pay dengan hanya sentuhan jari saja. Fingerprint tidak hanya berguna untuk Android Pay saja, namun juga bisa digunakan untuk Pembayaran di Google Play atau bahkan untuk membuka perangkat.

App Permission

Nantinya, semua aplikasi yang berjalan pada sistem operasi terbaru ini akan melakukan request permission sebelum dibuka atau dalam kondisi tertentu, pengguna akan mengonfirmasi ingin menerima atau tidak.

Saat ajang preview pertama tersebut Burke menjadikan WhatsApp sebagai contoh cara kerja App Permission.

Saat ia melakukan tap ikon microphone untuk mengirim pesan suara di WhatsApp, sebuah box kemudian muncul dan menanyakan permission apa pengguna ingin melanjutkan atau tidak.

Fitur App Permission ini nantinya juga bakal muncul di setiap aplikasi yang membutuhkan izin akses yang berbeda.

Power Saving

Google dikatakan akan menghadirkan fitur power saving bernama Doze. Doze ini menggunakan kapabilitas sensor motion built-in yang ada di perangkat Android.

Jika perangkat Android tidak dipegang oleh pengguna dan ditinggalkan terlalu lama, maka fitur ini akan mematikan perangkat untuk menghemat daya baterai.

Burke juga telah melakukan uji coba Doze ini. Pada dua buah smartphone Nexus 9 yang masing-masing berjalan dengan sistem operasi Lollipop dan Android M. Terbukti pada Nexus 9 dengan sistem operasi Android M bisa bertahan lebih lama hingga dua jam.

Selain itu Google juga akan memberikan update kecil dengan memberikan fitur volume stream dan fitur kontrol smarter-text selection.

Chrome Tabs & App Links

Pengguna nanti tidak akan repot membuka Chrome App secara terpisah, karena aplikasi tersebut akan memberikan penggunanya tautan di sebuah web yang bisa membuat in-app Chrome Tabs sendiri.

In-app tabs ini tetap akan memiliki data user yang sudah lebih dulu ada di Chrome, termasuk profil, preference dan password.

Sedangkan Apps Links akan memberikan kemudahan para pengembang untuk menghilangkan disambugasi aksesibilitas untuk masuk ke sebuah link.

Ketika Anda mendapatkan email dengan konten link yang mengarah pada Facebook, maka ketika link Anda buka Anda akan langsung mengarah pada aplikasi Facebook. Artinya Anda tidak lagi harus memilih terlebih dahulu media yang akan digunakan untuk membuka link yang berkaitan.
(mks)
Komentar