Dulu Gelandangan, Kini DeJoria Jadi Bos Aset Rp 36 Triliun

Rabu, 27 Mei 2015 16:30
Dulu Gelandangan, Kini DeJoria Jadi Bos Aset Rp 36 TriliunDeJoria mulai bisnisnya dari jalanan sebagai gelandangan @reuters.com

Siapa bilang gelandangan tidak berhak kaya, punya harta berlimpah, dan istri cantik? Meski sulit dipercaya, namun mantan gelandangan bernama John paul DeJoria ini patut disimak. Dia banting tulang bangkit dari statusnya sebagai pria kere kini menjadi seorang businessman tajir.

DeJoria lahir dari keluarga miskin dan harus bekerja membantu orangtuanya pada usia 9 tahun. Dia juga nyambi pekerjaan lain seperti menjual koran dan dan kartu natal dari rumah ke rumah.

Meski bekerja keras seharian, namun hasil usaha DeJoria tak cukup menghidupi keluarganya. Terpaksa, dia dikirim ke panti asuhan sebab keluarganya sudah tidak mampu menghidupinya.

Tumbuh di lingkungan keras jauh dari orang tua, DeJoria menjadi berandalan pada usia remaja. Sampai pada usia 22 tahun, dia resmi hidup menggembel di jalanan untuk pertama kalinya.

Insting bertahan hidup DeJoria tidak lembek, terbukti, dia bersedia bekerja serabutan dari petugas kebersihan hingga sales perusahaan asuransi untuk sementara waktu.

Titik balik nasib DeJoria kala dia bekerja di pabrik produksi rambut Redken. Dia mendapat inspirasi untuk membuat perusahaan rambut sendiri. DeJoria termotivasi kerasnya kehidupan sejak bocah, sampai dewasa yang hidup mengais rezeki di jalanan.

Dengan bantuan temannya, DeJoria lantas mendirikan perusahaan rambut miliknya, Patron Spirits. Jerih payah DeJoria membuahkan hasil, Patron Spirits terus berkembang. DeJoria pun melebarkan bisnisnya dengan memproduksi produk tequila terkenal.

Dari laporan Therichest, total kekayaan DeJoria saat ini mencapai US$ 2,8 miliar atau Rp 36,2 triliun.

(Nay)
Komentar