Tak Izin Pemilik, Seniman Jual Foto Instagram Rp 1,1 Miliar

Rabu, 27 Mei 2015 11:45
Tak Izin Pemilik, Seniman Jual Foto Instagram Rp 1,1 MiliarPameran Richard Prince @hyperallergic.com
Seorang seniman bernama Richard Prince asal New York, AS menjual foto orang lain di Instagram dengan harga mencapai Rp 1,1 miliar.

Seniman tersebut ternyata mengambil sejumlah unggahan dari Istagram tersebut secara ilegal, atau tidak meminta izin kepada pemilik foto terlebih dahulu.

Ia baru-baru ini memamerkan setidaknya 37 foto yang diambil dari Instagram dan sang pemilik tidak mengetahui hal itu. Beberapa foto terlihat sudah pernah dipamerkan pada akhir 2014 lalu.

Yang terbaru, ada sebuah foto yang harganya mencapai US$ 90 ribu atau sekitar Rp 1,1 miliar pada pameran Frieze Art Fair, New York.

Salah seorang pengguna Instagram bernama Doe Deere mengetahui jika fotonya dipamerkan, setelah teman-temannya memberikan informasi mengenai foto yang ada di pameran tersebut.



Kemudian ia mengatakan kepada followers Instagram-nya jika foto yang ada dalam pameran tersebut tidak memiliki izin dari para pemiliknya.

Akun Instagram @doedeere itu menulis, "Ya, potret saya ditampilkan di Frieze Gallery, New York. Itu hanya screenshot (bukan lukisan) dari posting-an asli saya. Saya tidak memberikan izin kepada Richard Prince untuk memajangnya di pameran. Ini sudah dijual (US$ 90 ribu, saya sudah diberitahu)."
(mks)
Komentar