Asisten Digital Cortana Akan Hadir di iOS & Android

Rabu, 27 Mei 2015 10:45
Asisten Digital Cortana Akan Hadir di iOS & AndroidCortana @hexus.net
Microsoft mengumumkan jika asisten digital Cortana akan bisa digunakan di Android dan iOS, tidak lagi menjadi eksklusif di sistem operasi Windows buatannya.

Joe Belfiore, Corporate Vice President Operating Systems Microsoft Redmond membeberkan informasi tersebut dalam sebuah video. Ia menyebut jika Cortana adalah aplikasi pendamping ponsel yang memiliki kegunaan sama seperti Siri atau Google Now.

Cortana akan hadir dengan sebagian besar fungsinya di iOS dan Android seperti yang bisa dilakukan pengguna Windows, demikian dikutip dari laman Phone Arena.

Namun Cortana akan berjalan tidak seleluasa di Windows, karena pada iOS atau Android, Cortana akan hadir sebagai aplikasi mandiri.

Salah satu keunggulan yang bisa didapat pengguna iOS dan Android dari Cortana adalah fitur pengingat jadwal dan penunjuk lokasi yang handal. Selain itu mereka juga bisa dengan mudah berinteraksi lintas platform dengan aplikasi Microsoft lain seperti OneDrive dan OneNote.

Cortana juga dikabarkan akan kembali hadir di sistem operasi terbaru Windows 10 yang rencananya dirilis tahun ini. Hal itu tentu akan menjadikan Cortana asisten digital cross-platform.

Meski belum diketahui kapan Cortana akan hadir di aplikasi store iOS dan Android, Cortana diperkirakan akan bisa dinikmati kedua sistem operasi tersebut bertepatan dengan perilisan Windows Phone 10 akhir tahun ini.
(mks)
Komentar