Kapolri: Beras Plastik Tidak Terbukti

Rabu, 27 Mei 2015 09:45
Kapolri: Beras Plastik Tidak TerbuktiUji lab tidak menemukan campuran beras plastik @bbc.co.uk

Kabar gembira, Kepala Kepolisian RI Jenderal Pol Badrodin Haiti mengumumkan hasil uji laboratorium temuan beras plastik di Bekasi beberapa waktu lalu. Kapolri memastikan itu bukan beras plastik.

"Hasil pemeriksaan di Labfor Polri, BPOM, Kemendag, dan Kementan, itu negatif. Artinya, tidak ada unsur plastik dari hasil pemeriksaan laboratorium," ujar Badrodin dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (26/5), dilansir dari Kompas.

Rencananya, hari ini, Rabu (27/5), Presiden Jokowi menggelar rapat terbatas bersama dengan Kapolri, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, dan Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Roy Sparingga. Dalam pertemuan nanti, hasil tes laboratorium akan dipaparkan.

Menurut Badrodin, kepolisian langsung bergerak setelah menerima laporan temuan warga Bekasi atas beras plastik di pasaran. Pihaknya telah menurunkan tim untuk mengambil sampel beras plastik untuk dilakukan uji laboratorium.

Sementara itu, sampel beras plastik yang dibawa Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bekasi dan diuiji oleh laboratorium Sucofindo justru menyimpulkan bahwa beras itu mengandung plastik.

Lantaran terdapat perbedaan hasil, Badrodin meminta Sucofindo menyerahkan sampel beras tersebut dan dilakukan uji laboratorium ulang. Lagi-lagi, hasilnya negatif.

Hasil uji ini diperkuat oleh uji laboratorium BPOM, Kementerian Perdagangan, hingga laboratorium Kementerian Pertanian.

"Oleh karena itu, kami semua berkesimpulan bahwa beras diduga plastik ternyata tidak ada. Saya imbau kepada masyarakat untuk tidak resah," ujar Badrodin.

(Nay)
Komentar