Cegah Korupsi, Pejabat Tiongkok 'Study Tour' ke Penjara

Selasa, 26 Mei 2015 10:45
Cegah Korupsi, Pejabat Tiongkok 'Study Tour' ke PenjaraPejabat Tiongkok 'karya wisata' ke penjara tipikor @chinadaily.com

Tiongkok memang keras menindak setiap pejabat curang yang menggelapkan uang negara, alias korupsi. Koruptor kelas kakap di sana tak tanggung-tanggung dihukum seumur hidup hingga dihukum mati.

Tak cukup membuat nyali pejabat ciut, pemerintah Tiongkok membuat kebijakan baru yang cukup efektif. Yakni karya wisata ke penjara. Setiap pejabat diperkenankan mengunjungi rekan-rekannya yang meringkuk di balik jeruji besi atas kasus tipikor dan pencucian uang untuk memperkaya diri mereka sendiri.

Lebih dari 70 pejabat di Provinsi Hubei bersama istri masing-masing menemui 15 mantan pejabat tinggi yang kini ngenes setelah dipenjara.

Foto-foto kunjungan ke penjara itu kemudian dicetak ke media massa milik pemerintah dalam ukuran besar di halaman paling depan.

Ide mengajak pejabat mengunjungi rekannya yang dibui dicetuskan pertama kali oleh Komisi Pusat Disiplin Anggota Partai Komunis China (CCDI).

"Dengan kunjungan ini, para kader kami dorong untuk lebih memahami hukuman yang mereka terima bila melakukan korupsi," tulis pernyataan tertulis CCDI, dilansir dari Times of India, Senin (25/5).

Sejak masa pemerintahan Presiden Xi Jinping, Tiongkok tidak memberi ampun bagi semua koruptor. Meski baru berkuasa selama dua tahun, sudah ada 100 pejabat tinggi hingga menteri dicopot dari jabatannya atas kasus tipikor. Puluhan menanti hukuman mati, sementara ratusan lainnya sedang menjalani proses pemeriksaan.

(Nay)
Komentar