Saham Anjlok Rp 198 T dalam 24 Menit, Taipan Tiongkok Nyaris 'Kere'

Selasa, 26 Mei 2015 10:15
Saham Anjlok Rp 198 T dalam 24 Menit, Taipan Tiongkok Nyaris 'Kere'Saham perusaahan Hanergy anjlok, Li Hejun gigit jari @cnn.com

Kehidupan Taipan Tiongkok Li Hejun benar-benar diuji. Dari status sebagai orang terkaya di sana, hanya dalam waktu 24 menit, Li menyandang status "mantan" orang terkaya.

Dari laporan Thehigherlearning, kurang dari setengah jam saham perusahaan Hejun anjlok sebesar Rp 198 triliun. Saham perusahaan yang memproduksi panel solar energi itu terjun bebas 47 persen dalam perdagangan di bursa efek Hongkong pada Rabu, (20/5).

Tak hanya membuat Hejun merugi, ambruknya saham Hanergy juga membuat kehilangan potensi di pasar sebesar Rp 245 triliun.

Padahal, pada tahun lalu saham Hanergy meroket hingga 625 persen dan mencapai puncaknya pada April lalu, di mana nilai perusahaan itu mencapai hampir Rp 600 triliun. Atas kejadian ini, posisi bos Alibaba, Jack Ma naik ke urutan teratas orang terkaya di Tiongkok.

Sejauh ini belum ada keterangan resmi dari pihak Hanergy terkait anjloknya saham mereka yang membuat limbung para pelaku saham.

Perusahaan Keuangan Bespoke Investment yang berbasis di New York, Amerika Serikat (AS) bahkan menyebut apa yang dialami Hanergy saat ini sebagai "Kekacauan yang lengkap."

(Nay)
Komentar