Konsumsi Beras Plastik Bikin Pria Mandul

Selasa, 26 Mei 2015 07:00
Konsumsi Beras Plastik Bikin Pria MandulIlustrasi beras plastik @cnnindonesia.com
Ari F Syam, ahli penyakit dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) menyatakan jika beras yang mendandung plastik bisa mengakibatkan iritasi pada pencernaan atau bahkan kemandulan pada pria.

Ari di Jakarta, Senin (25/5) mengatakan, "Komponen plastik bukan sesuatu yang bisa dikonsumsi. Sistem pencernaan kita tidak akan mencerna makanan yang mengandung plastik dengan sempurna."

Ia mengatakan jika dampaknya akan bisa secara langsung ke pencernaan. Lambung akan butuh waktu yang lama untuk mencerna beras yang mengandung plastik. Hal itu menimbulkan rasa begah, penuh dan cepat kenyang.

Ia menambahkan, "Gangguan yang terjadi selanjutnya dapat menyebabkan mual dan muntah."

Proses pembuangan dari makanan yang mengandung komponen plastik akan bisa membuat iritasi dan mengakibatkan diare atau bisa juga susah buang air besar.

Dalam penelitian Sucofindo terkait kandungan beras plastik ditemukan adanya unsur phtalat. "Phtalat juga dapat masuk ke sistem reproduksi kita, dan menyebabkan kemandulan terutama pada pria," ungkapnya.

Phtalat merusak sistem reproduksi pria karena zat itu akan dikenali tubuh sebagai hormon sehingga merusak sistem reproduksi.

Sementara dampaknya bagi perempuan bisa menyebabkan masalah pada menstruasi.

Phtalat juga bisa sangat berbahaya pada janin jika dikonsumsi perempuan hamil, karena phtalat bisa menembus plasenta.

Mengingat nasi adalah makanan pokok masyarakat Indonesia, Ari meminta pemerintah dengan tegas untuk bisa segera mengatasi masalah yang kini menimbulkan keresahan tersebut.

Selain itu ia juga mengingatkan kepada masyarakat selaku konsumen beras dengan mengatakan, "Masyarakat juga harus jeli dalam memilih beras yang akan dikonsumsi."
(mks)
Komentar